Sukses

Info

Pasokan 224.000 Vaksin AstraZeneca dari Jepang Tiba di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sebanyak 224.000 vaksin AstraZeneca dari Jepang tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa, 19 Oktober 2021. Vaksin Covid-19 tersebut merupakan batch pertama dari enam kali penerbangan yang dijadwalkan mulai tanggal 19-22 Oktober 2021.

"Batch pertama (dari Jepang) diterima hari ini di Bandara Soekarno-Hatta sejumlah 224.000 dosis," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudirini saat menyambut kedatangan vaksin AstraZeneca pada Selasa, 19 Oktober 2021 melansir dari Liputan6.com. 

Dalam kesempatan tersebut, Retno juga mengatakan jika kedatangan vaksin AstraZeneca kali ini merupakan dukungan kerja sama dari Pemerintah Jepang. Kerja sama berbagi vaksin (dose-sharing) bilateral sejumlah sejumlah 1.990.910 dosis dari pemerintah Jepang ini merupakan kedua kalinya dukungan kepada Indonesia.

"Di bulan Juli 2021, Indonesia telah menerima 2.161.240 dosis vaksin AstraZeneca dari Jepang, yang kemudian telah didistribusikan ke berbagai pelosok Tanah Air. Sehingga vaksin COVID-19 yang telah tiba (di Indonesia) mencapai 285.300.400 dosis, baik dalam bentuk bahan baku (bulk) maupun bentuk jadi, rinci Retno.

Dose-Sharing Vaksin, Refleksi Persahabatan Indonesia-Jepang

Retno Marsudi menambahkan, kerja sama dose-sharing antara Indonesia dan Jepang merupakan tindak lanjut konkret dari hasil pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu dalam berbagai kesempatan.

Pembicaraan termasuk pada saat pertemuan bilateral di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di NewYork, Amerika Serikat pada 23 September 2021. Kerja sama ini merefleksikan dekatnya persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Jepang, yang terbukti terus berkembang, bahkan di masa-masa sulit seperti pandemi COVID-19 saat ini.

"Menimbang peran Jepang sebagai salah satu mitra ekonomi utama Indonesia, diyakini kerja sama Indonesia-Jepang akan dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi di masing-masing negara pasca pandemi," imbuh Menlu Retno melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

Selain melakukan kerja sama dose-sharing, lanjut Retno, sejak awal pandemi COVID-19 Jepang juga telah memberikan dukungan lainnya bagi Indonesia guna mengatasi pandemi dan meningkatkan ketahanan kesehatan.

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading