Ahmad Dhani dan Kiprah Politiknya

Sutikno diperbarui 26 Sep 2016, 17:35 WIB
Pada Jumat, (23/9) usai salat Jumat, musisi Ahmad Dhani mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Bekasi, sebagai Wakil Bupati Bekasi bersama dengan Sadudin. (Instagram/mulanjaameela1)
Ahmad Dhani mulai terlibat dalam dunia politik sekitar tahun 2014 silam. Mantan suami Maia Estianty itu dengan terang-terangan mendukung Prabowo Subianto sebagai Presiden.(Galih W Satria/Bintang.com)
Sebelum mendaftar sebagai Wakil Bupati Bekasi, Ahmad Dhani ingin mendaftar sebagai Gubernur DKI dan Wali Kota Surabaya pada beberapa tahun silam. Seperti diketahui, Dhani selama ini banyak menentang kebijakan Gubernur DKI, Ahok. (dok.Instagram)
Pada 2 Agustus 2015 malam, Ahmad Dhani menggelar pertemuan secara khusus dengan enam parpol. Pertemuan itu membahas jadi tidaknya Ahmad Dhani sebagai Calon Wali Kota Surabaya. (dok.Instagram/ahmaddhaniprast)
Beberapa jam sebelum penutupan pendaftaran calon Pilakada Kota Surabaya diputuskan bahwa Ahmad Dhani di usung Koalisi Majapahit. Ia berpasangan dengan Alim Basa Tualeka. (dok.Instagram/ahmaddhaniprast)
Setelah diskusi dengan seorang kiai yang menjadi panutannya, ia lantas mengurungkan niatnya. Awal 2016, Dhani rame akan ikut mencalonkan Gubernur DKI 2017 mendatang. Ia mengaku siap apabila dicalonkan oleh PKB. (dok.Instagram/ahmaddhaniprast)
Saat akan mencalonkan gubernur DKI, Ahmad Dhani mendeklarasikan 'Orang Kita' sebagai wadah para relawan pendukung calon gubernur DKI. Saat itu, ia mengatakan tidak bermaksud untuk mendukung dirinya. (dok. Bintang.com/Andy Masela)