Poppy Putri 'Mitoni', Ritual Pecahkan Kendi untuk Ketahui Jenis Kelamin Bayi

Sutikno diperbarui 17 Jul 2017, 18:35 WIB
Usia kandungan Poppy Putri telah memasuki tujuh bulan. Memiliki darah Jawa, Poppy menggelar acara mitoni alias tujuh bulanan untuk buah hati yang masih dalam kandungan. Acara berlangsung dikediamannya di Minggu (16/7). (Deki Prayoga/Bintang.com)
Acara dimulai dari pukul 12.00 WIB. Poppy keluar terlebih dulu sungkem dengan suaminya, Dato Abdul Rahim. Kemudian ke orang tua dan mertuanya. (Deki Prayoga/Bintang.com)
"Alhamdulillah lancar. Kita gelar 7 bulanan atau adat Jawa disebut Mitoni. Aku orang Jawa asli, jadi si abang (Dato Abdul Ranum) yang orang Malaysia ikut tradisi Jawa," ucap Poppy Putri di kediamannya, Minggu (16/7/2017). (Deki Prayoga/Bintang.com)
Acara selanjutnya siraman. Air dari tujuh sumber yang sudah dicampur dengan air kembang. Satu persatu diawali dari sang suami menyiram Poppy dan calon bayi yang masih dalam kandungan. Setelah itu orang tua, mertua, hingga paman. (Deki Prayoga/Bintang.com)
Prosesi selanjutnya adalah meneropong jenis kelamin bayi, hingga digambarkan saat melahirkan. Dan bayinya diterima oleh ibu dan ibu mertuanya. Menurut perkiraan, Poppy akan melahirkan pada bulan September mendatang. (Deki Prayoga/Bintang.com)
"Cowok jenis kelaminnya. Hasil USG, dan ritual Mitoni dari waktu mecahin kendi. Jadi kalau kendinya ujungnya tidak pecah berarti cowok, sebenarnya jenis kelaminnya mau laki atau perempuan tidak apa-apa," ungkap Poppy. (Deki Prayoga/Bintang.com)
Hingga usia kandungan tujuh bulan, bobot Poppy Putri bertambah hingga 13 kilogram. Meski demikian, Poppy sangat menikmati kehamilannya anak pertama. (Deki Prayoga/Bintang.com)