Jelang Mantu, Presiden Jokowi Cethik Geni dan Ibu Iriana Jualan Dawet

Sutikno diperbarui 08 Nov 2017, 07:05 WIB
Berbagai prosesi adat penuh makna dilakukan Presiden Jokowi jelang menikahkan putrinya Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. Pernikahan akan berlangsung pada hari ini, Rabu (8/11/2017) di Gedung Graha Saba Buana. (Instagram/thebridebestfriend)
Rangkaian acara dimulai sejak Senin malam dengan diadakan pengajian selamatan di kediaman Jokowi. Acara dilanjutkan dengan adat Jawa pada Selasa pagi, yaitu pemasangan bleketepe, siraman dan malamnya dilanjutkan midodareni. (Adrian Putra/Bintang.com)
Foto diatas menggambarkan Ibu Presiden Jokowi akan masak nasi. Setelah acara siraman, dilanjutkan Adang Sepisan. Dimana Ibu Iriana akan memasak nasi dan Bapak Jokowi yang 'cethik geni' (menyalakan api di tungku dengan kayu bakar). (thebridebestfriend)
Ibu Iriana sedang menyuapi putrinya yang akan menikah. Sedangkan Jokowi memegang cangkir minuman duduk disebelah kiri calon pengantin. Prosesi ini bisa disebut dengan dulangan (menyuapi). (Instagram/thebridebestfriend)
Masih dalam acara siraman, tampak ceria ibu Iriana Joko Widodo sedang dodol atau jualan dawet. Prosesi dodol dawet tampak bapak Presiden menemani istrinya disebelahnya dan disamping berdiri anak-anaknya. (Instagram/thebridebestfriend)
Dalam foto Kahiyang Ayu atau biasa disapa Ayang sedang melakukan sungkem pada kedua orangtuanya. Acara dilakukan jelang siraman. Sungkem meminta doa dan restu orangtua untuk membina rumah tangga dengan suami pilihannya. (Instagram/thebridebestfriend)
Berbagai rangkaian prosesi adat Jawa dilakukan dengan penuh makna dari masing-masing prosesi. Jokowi akan menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution pada hari ini Rabu (8/11) dengan adat Jawa. (Instagram/turanganmax)