Laila Sari, Potret Buram Duka Generasi Artis Terakhir Tangkiwood

Rizky Mulyani diperbarui 21 Nov 2017, 08:35 WIB
Semasa hidupnya, wanita yang akrab disapa Mak Laila Sari ini sangat mencintai dunia seni. Baik itu seni peran dan musik pernah digelutinya. Bisa dibilang, lewat seni lah mak Laila ini menggantungkan hidupnya. (Bambang E.Ros/Bintang.com)
Laila Sari merupakan satu-satunya artis atau bisa disebut artis terakhir yang tinggal di Tangkiwood hingga ajalnya menjemput. Meski namanya besar sebagai artis tiga zaman, namun kondisi rumah Laila sangat memprihatinkan. (Bambang E.Ros/Bintang.com)
Di salah satu sudut ruang, terpampang sejumlah foto dan penghargaan yang diraihnya semasa hidup. Selain beberapa judul film yang dibintangi, ada satu judul lagu yang sering dinyanyikannya yang bertajuk Don’t Let Me Down. (Bambang E.Ros/Bintang.com)
Di dalam rumah bercat hijau yang berada di sebuah gang kecil di daerah Tangki itu, Laila tinggal bersama anak angkatnya dan beberapa orang cucu. Ia pun juga berperan sebagai tulang punggung keluarga sampai akhir hayatnya. (Bambang E.Ros/Bintang.com)
Warna dinding yang sudah memudar, bagian atap yang hanya berupa seng asbes tanpa ada langit-langitnya, serta kabel listrik yang bergelayutan tampak hadir di rumah tua yang menjadi saksi hidup Laila Sari hingga akhir hayatnya. (Bambang E.Ros/Bintang.com)
Tangkiwood merupakan sebuah daerah yang berada di kelurahan Tangki di daerah Mangga Besar, Jakarta Barat. Jika diibaratkan, Tangkiwood ini seperti Hollywood di Amerika dan Bollywood di India. (Bambang E.Ros/Bintang.com)
Berada di sekitar taman hiburan Lokasari, Jakarta Barat, ini merupakan tempat berkumpul dan nongkrongnya artis-artis tempo dulu. Selain Mak Laila, sejumlah artis tempo dulu juga pernah tinggal di sana. (Bambang E.Ros/Bintang.com)
Laila Sari, seniman Indonesia yang lahir pada tahun 1935 ini sudah tiada. Di usia 82 tahun, Laila harus mengakhiri hidupnya. Ia meninggalkan sejumlah kenangan di industri hiburan tanah air. Selamat jalan, Mak Laila Sari. (Bambang E.Ros/Bintang.com)