Pesta Adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, Menari Tortor Hingga Besok Pagi

Sutikno diperbarui 24 Nov 2017, 20:05 WIB
Acara ngunduh mantu Putri Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby kembali digelar di Medan, Sumatra Utara. Sejak Jumat (24/11) pagi, acara adat terus dilanjutkan hingga besok pagi sekitar pukul 08.00 pagi. (Foto: Fatahillah Ginting Fotography Medan)
Malam ini, para raja adat akan berkumpul bersama untuk memanjatkan doa kebahagiaan Kahiyang dan Bobby Nasution. Acara dilanjutkan dengan menortor atau menari tor-tor secara bergantian. (Foto: Fatahillah Ginting Fotography Medan)
Doli Sinomba Siregar, paman Bobby bertindak sebagai Suhut mengatakan, acara adat yang akan dipenuhi dengan Harojoan, Notoras, Suhut, Anak Boru, dan Raja-Raja ini akan dibuka oleh tokoh adat Nasution. (Foto: Fatahillah Ginting Fotography Medan)
Acara siang tadi, dimulai kembali dengan marlongit yang diisi oleh Harajoan Mandailing dan Harajoan Tabagsel. Sekitar empat jam acara ini, hingga menjelang azan magrib. (Foto: Fatahillah Ginting Fotography Medan)
Setelah itu, malam harinya acaranya tor-tor dari Surut, Anak Boru sampai pihak raja-raja. Bahkan, dari pihak Kahiyang juga dipersilahkan bila ingin ikut menari tor-tor. (Foto: Fatahillah Ginting Fotography Medan)
Manortor kedua atau Margalanggang akan berlangsung semalam suntuk. Dari pukul 20.00 sampai 08.00 pagi esok harinya, yang mana kemudian masih dilanjutkan dengan manortor ketiga dan seterusnya. (Foto: Fatahillah Ginting Fotography Medan)
Para raja adat bergantian menari tor-tor hingga pukul 00.00. Setelah itu muda-mudi. Disini, Kahiyang diharapkan bisa ikut, atau paling tidak menyaksikan persembahan keluarga suaminya. (Foto: Fatahillah Ginting Fotography Medan)
"Menari tor-tor itu semacam gambaran kebahagiaan. Sebuah seni yang makna sebenarnya adalah mendoakan pengantin," kata Sudirman Lubis merupakan sesepuh adat Mandailing. (Foto: Fatahillah Ginting Fotography Medan)