Mengakali Furnitur untuk Ruang Terbatas

Fimela Editor diperbarui 25 Jul 2011, 09:59 WIB
Gunakan cermin untuk memberi kesan lapang supaya area di sekitarnya terpantul, bisa menempelkan cermin di dinding atau meletakkan standing mirror di sudut yang benar. Perhatikan penempatannya, karena bila salah memilih sudut, efek cermin itu malah nggak akan berfungsi. Tata ruang oleh Eko Priharseno bisa menjadi acuan.
Pemilihan warna cat tembok seperti abu-abu, disarankan oleh Roland Adam, salah satu desainer interior yang pernah membantu mendesain tata ruangan untuk Forme. Selain terkesan hangat khas rumahan, warna ini ternyata juga bisa memberi efek leluasa pada ruangan kamar tidur yang langsung menyambung dengan ruang tamu. Cocok diaplikasikan untuk apartemen tipe studio.
Forme menerapkan modern minimalis dalam sentuhan penataan ruang. Ruang tamu yang nggak begitu luas pun, bisa terlihat tetap hangat menyambut tamu yang datang berkat sofa berwrna krem dan sentuhan kayu yang hadir lewat meja sekaligus rak berwarna brown espresso. Yang harus diingat adalah, ukuran sofa disesuaikan dengan luas ruangan yang kamu punya.
Hanya mempunyai ruang terbatas bukan berarti nggak bisa meletakkan pajangan. Untuk memberi aksen minimalis modern namun nggak terlalu memenuhi hunian, standing lamp bertinggi sedang dan mangkuk berbahan tembaga, membuat ruangan terasa lebih interaktif.
Ruang makan yang berkapasitas kecil, bisa diakali dengan membuka seluas-luasnya ruang makan dengan mengganti daun pintu ke kaca. Selain menghemat listrik untuk penerangan, kesan modern juga langsung didapatkan tanpa memakai terlalu banyak elemen.
Bingung dengan kamar tidur yang hanya itu-itu saja karena luasnya terbatas? Forme menyiasatinya dengan menjadikan sandaran tempat tidur yang sekaligus menjadi partisi untuk ruangan lain. Jadi, bila hunian kamu hanya terdiri dari satu ruang besar, maka kamar tidur bisa tetap menjadi privat dengan partisi serbaguna ini. Praktis dan pastinya minimalis.