Berkah Peran Menjadi Tua untuk Kate Winslet

Fimela Editor diperbarui 30 Agu 2011, 08:30 WIB
Gloria StuartDalam film “Titanic” besutan James Cameron, terdapat dua versi pemeran Rose DeWitt Bukater, yaitu Kate Winslet untuk versi muda dan Gloria Stuart sebagai Rose di kala berusia lanjut. Stuart yang berusia 87 tahun sata berakting di film tersebut, tetap saja memerlukan sentuhan tim tata rias untuk membuatnya lebih tampak tua dari umur sebenarnya, agar lebih meyakinkan sebagai seorang saksi hidup dari peristiwa yang terjadi pada tahun 1912 tersebut. Stuart meninggal di usia 100 tahun pada 26 September 2010 silam akibat gagal pernafasan.
Cate BlanchettAktris asal Inggris ini sangat beruntung dikaruniai penampilan fisik yang ditunjang dengan kualitas kulit yang menawan. Namun, semuanya itu harus ia sembunyikan sementara berperan sebagai Ratu Elizabeth di film “Elizabeth”. Nggak sia-sia, peran tersebut membuatnya masuk nominasi untuk Piala Oscar 2008.
Robin WilliamsTampil meyakinkan sebagai Mrs. Doubtfire di film drama keluarga berjudul sama, Robin Williams nggak hanya berperan sebagai orang tua, namun sekaligus juga sebagai perempuan. Butuh banyak fat suit dan teknik rias berjam-jam untuk mendapatkan tampilan Williams sebagai Mrs. Doubtfire, tapi itu semua sepadan dengan keberhasilan film ini masuk di ururtan ke-67 dalam daftar film terlucu menurut American Film Institute.
Drew BarrymoreIa bisa menyamar dengan mulusnya sebagai murid SMA dalam film “Never Been Kissed” dan mampu juga menjadi perempuan yang lebih tua dari usia sebenranya dalam film “Riding in Cars with Boys”. Polesan lipstik berwarna tua, kulit yang dibuat pucat, dan potongan rambut kuno, memperkuat aktingnya sebagai Beverly Donofrio, seorang perempuan yang kehilangan masa remaja akibat hamil dan menikah di usia muda.
Dustin Hoffman Coba perhatikan penampilan laki-laki ini lebih seksama, mungkinkah kamu mengenali bahwa ini Dustin Horrman tanpa diberitahu? Hoffman memang sangat niat untuk berperan sebagai Jack Crabb di “Little Big Man”, film bergenre komedi satir tentang isu sosial di Amerika Serikat pada abad ke -19. Kemaksimalan akting Hoffman dalam film ini, diganjar dengan nominasi Best Actor di ajang British Academy of Film and Television Arts. 
David BowiePenyanyi sensasional asal Inggris ini, berpenampilan jauh berbeda dari biasanya dalam film horor berjudul “The Hunger”. Bowie yang berperan sebagai vampir dan beradu akting dengan aktris kawakan, Susan Sarandon, dalam film ini, sayangnya nggak mendapat penilaian bagus dari beberapa kritikus film. Namun, itu nggak menyurutkan perjalanan aktingnya karena hingga tahun 2006 ia masih terlibat di film arahan Christopher Nolan, “The Prestige”.
Brad Pitt Mungkin Brad Pitt paling segar di ingatan bila membicarakan tentang aktor/aktris yang berperan sebagai orang tua. Film “The Curious Case of Benjamin Button” yang bercerita tentang seorang yang mengalami pertumbuhan secara terbalik ini, menampilkan Pitt mulai dari seorang anak laki-laki berusia muda dengan penampilan tua hingga akhirnya bisa tampil semakin belia di usia lanjut. Nggak heran, kepiawaian teknik makeup film ini, membuat “The Curious Case of Benjamin Button” memenangkan kategori Best Makeup, Best Art Direction, dan Best Visual Effects di penghargaan Oscar 2008.