Hilangkan Stres dengan Terapi Warna

Fimela Editor diperbarui 26 Sep 2011, 03:59 WIB
Biru Kalau warna pink diidentikkan dengan warna perempuan maka warna biru “dikategorikan” ke dalam warna laki-laki. Sebenarnya nggak ada pembagian kelas “warna perempuan” atau “warna laki-laki”, opini orang banyak saja yang membuat warna seolah-olah memiliki gender. Warna biru adalah warna yang tepat digunakan untuk mengurangi tekanan darah karena warna biru bersifat menenangkan. Seringkali biru digunakan pada kamar tidur karena memang memberikan rasa tenang sehingga kita bisa tidur dengan nyenyak.
Kuning Kalau kamu sering banget merasa down, kayaknya kamu perlu mengubah cat ruanganmu dengan warna kuning. Warna kuning adalah warna cerah yang sangat tepat digunakan untuk menaikkan kembali semangat dan mood kamu. nggak hanya bisa mengangkat mood yang jatuh, bad mood pun bisa diubah dengan memandang warna yang penuh dengan keceriaan ini.
Hijau Mendengar kata hijau, pastinya pohon dan dedaunan langsung muncul dalam benakmu. Ya, hijau memang warna yang identik dengan alam dan kesegaran. Penggunaan warna hijau pada dindingmu bisa membuatmu selalu merasa segar dan tenang. Pada kenyataannya, saat sedang suntuk dan penat, kita seringkali merasa rileks ketika duduk di sebuah taman dan memandangi pepohonan di sekitar. Kamu juga bisa mendapatkan hal serupa dengan cara “memindahkan” taman kota ke dalam ruanganmu dengan penggunaan cat hijau pada dinding.
Ungu Warna merah memang kurang cocok jika digunakan sebagai cat tembok, tapi apabila warna merah dipadukan dengan warna biru (ungu) dan didapatkan warna campuran sempurna maka warna tersebut bisa mendatangkan keseimbangan jiwa untuk si penghuni ruangan. Pastikan tingkat warna yang kamu gunakan seimbang, jangan terlalu gelap dan jangan terlalu terang. Jika warna ungu yang digunakan terlalu gelap, akan menimbulkan kesan ruangan yang dingin dan gelap.
Abu-Abu Warna hitam memang sama sekali nggak oke kalau digunakan untuk menutupi seluruh dinding ruangan atau rumahmu. Tetapi, jika warna hitam dicampur dengan warna lain hingga didapat warna turunan yang pas (abu-abu) maka warna tersebut bisa digunakan pada dinding ruanganmu untuk “mendinginkan” suasana sekitar. Selain bisa “mendinginkan” ruangan, warna abu-abu juga warna netral yang mudah dipadupadankan dengan warna apapun sehingga kamu nggak perlu susah-susah mencari barang atau furnitur khusus untuk disesuaikan dengan warna dindingmu.
Putih Berbagai macam warna bisa digunakan untuk menimbulkan efek-efek tertentu, namun bagaimanapun juga, semuanya pasti akan kembali ke warna dasar, putih. Kalau kamu nggak menginginkan warna-warna mencolok pada ruanganmu, cukup gunakan warna putih di seluruh ruangan. Warna putih akan menimbulkan kesan bersih dan jernih. Penggunaan warna putih juga bisa membantumu untuk selalu mendapatkan spirit yang bersih dan positif. Namun, yang menjadi catatan penting adalah kamu harus memastikan kalau nggak ada satupun yang akan mengotori dinding ruanganmu. Karena warna putih sangat rentan ternoda walau hanya terkena goretan uang logam kecil.