8 Cara Pintar Siasati Koper

Fimela Editor diperbarui 28 Sep 2011, 11:50 WIB
2.  Mulailah menggulungSetelah selesai menyortir pakaian, mulailah menggulung satu per satu pakaian yang nggak gampang kusut seperti T-shirt, jeans, atau celana kain, dengan gulungan yang nggak terlalu bulat agar pakaian nggak kusut saat akan dipakai. Setelah itu, taruh gulungan pakaian tersebut di dasar koper.
3. Selamatkan pakaian yang gampang kusutSelesai menaruh pakaian yang digulung di dasar tas, lalu taruh di atasnya pakaian yang mudah kusut atau berbahan halus seperti kemeja atau blazer.
4. Lipat setengah pakaian panjangBila membawa item yang berukuran panjang, seperti rok atau celana panjang (yang nggak mau kamu lipat atau gulung), lipatlah setengah sesuai dengan panjang koper.  Tips: bila ingin atau harus membawa item berbahan tebal, gunakan saat perjalanan untuk mengurangi risiko koper terlalu cepat penuh.
5. Maksimalkan ruang kosongBiasanya di koper akan tersisa space kosong kecil. Ini bisa dimaksimalkan untuk menyelipkan pakaian dalam atau kaus kaki. Selain semua space bisa dipakai, juga akan lebih memudahkan kamu untuk mengambilnya, apalagi bila dalam keadaan terdesak. Tips: sumpal cup bra dengan kaus kaki untuk menjaga bentuk pakaian dalam.
6. Jangan lupa diikatLebih tepatnya, jangan lupa untuk selalu memasang snake belt yang pasti ada di setiap koper apapun untuk menjaga tatanan packing-mu. Jangan lupa, sebelum memasangkan belt, tutup tumpukan baju dengan plastik pakaian kotor untuk mencegah pakaian terkena noda atau basah.
7. Jangan bawa semua sepatumuIngat, kamu akan traveling, bukan ingin memindahkan seluruh isi lemari ke dalam koper. Makanya, kamu cukup memilih tiga jenis alas kaki, satu yang kasual, sneakers atau flat shoes, dan sepatu formal. Dengan klasifikasi seperti ini, kamu nggak akan kelimpungan bila tiba-tiba harus menghadiri acara formal atau diajak ke tempat rekreasi. Nah, pakai salah satu dari 3 item ini, dan dua sisanya dimasukkan ke dalam koper.
8. Save your jewelry before it’s too lateBila kamu adalah pemakai aksesori sejati atau di tempat tujuan nanti memerlukan perhiasan untuk penunjang penampilan, kemas perhiasanmu dalam plastik dan jangan ditaruh di dalam koper, melainkan di dalam hand bag yang kamu tenteng. Untuk perhiasan yang sangat berharga, lebih baik untuk langsung dipakai saja agar risiko kehilangan atau kecurian saat perjalanan. Tentu saja, sesuaikan dengan transportasi traveling apa yang kamu akan naiki nanti. Kalau pesawat, masih terhitung cukup aman untuk memakai perhiasan. Lain halnya bila kamu menaiki kereta api atau bis, sebaiknya urungkan saja ide memakai perhiasan selama perjalanan.