Kenapa Saya Dijauhi Teman Sekantor?

Fimela Editor diperbarui 29 Sep 2011, 09:59 WIB
Careless is your middle name Di setiap pantry kantor, biasanya tersedia fasilitas microwave untuk menghangatkan makanan. Namun, kalau kamu terlalu sering lupa dengan makanan apa yang hangatkan di dalam microwave dan keesokan harinya rekan kerja menemukan makanan basi masih teronggok di sana, lama-kelamaan pasti akan banyak orang tahu bahwa itu adalah kebiasaan satu orang tertentu dan akhirnya menjadi pembicaraan nggak enak. Kecerobohan kecil yang juga mengganggu adalah suka membuat berantakan kantor atau meninggalkan sampah bekas makanan.
Berbisik Berbisik dengan rekan di sebelah dalam keadaan sedang ada ada orang lain di sekitar adalah perbuatan yang paling kasar dan mengganggu. Kalau kamu sering melakukan itu kepada orang lain, maka jangan protes atau sakit hati bila suatu hari dibalas dengan perbuatan yang sama.
Too much interrupting Nggak ada satu pun orang yang senang diinterupsi saat sedang berbicara, begitu pun kamu sendiri. Maka, kalau kamu punya ide, pertanyaan, atau pernyataan yang ingin disampaikan, tulis dulu di memo atau kertas agar nggak lupa dan sampaikan saat orang lain selesai bicara.
Complain, complain, and complain Manusia dikarunia mulut dan pita suara untuk bisa berkomunikasi dan mampu menyampaikan pendapat. Tapi, kalau kedua karunia itu kamu pakai hanya untuk mengritik atau komentar negatif, bukannya simpati rekan kerja yang kamu dapat, melainkan dijauhi dan mendapat julukan Ms. Complain.
Mengoreksi, bukan menjadi korektor Saling mengingatkan bila menemukan hal yang kurang berkenan atau kurang benar di lingkungan kerja adalah sikap inisiatif yang baik. Tapi, kalau setipa hari ada saja koreksi yang terlontar dari kamu, itu malah akan berbalik menjadi sikap yang menyebalkan dan kamu menjadi figur potensial untuk dijauhi bahkan dibenci.
Ada yang salah dengan cara makanmu Pada awalnya kamu sering diajak makan siang bareng, tapi belakangan ini sudah nggak ada lagi ajakan makan siang dari teman kantor. Kalau begitu keadaannya, coba kamu ingat-ingat bagaimana cara makanmu. Kalau kebiasaanmu adalah mengunyah dengan mulut terbuka atau serampangan saat di meja makan, bisa jadi itulah sebabnya kenapa kamu ngggak punya teman makan siang lagi.
Ringtone off, please Ponselmu sering menjadi sebab sebuah meeting terganggu? Atau, kamu sering termasuk pemilik ponsel dengan nada dering yang kencang dan mengganggu? Segera perbaiki kedua hal tersebut sebelum kamu menjadi public enemy di kantor hanya karena sebuah benda mati.
You’re a workmate, not sibling Maksudnya memang baik, kamu ingin lebih mengakrabkan diri dengan rekan kerjamu, tapi bila sudah terlalu masuk ke area personal, seperti ingin ikut acara keluarga, bertanya-tanya tentang kehidupan pribadi, atau malah meminjam uang dengan jumlah yang cukup besar, rasanya nggak semua orang bisa nyaman dengan itu.