6 Rahasia Agar Manikur Tahan Lama

Agus Purwanto diperbarui 03 Nov 2011, 02:29 WIB
Rawatlah kuku dengan vitamin penguat kuku, pelembab ataupun minyak almond yang bermanfaat untuk pertumbuhan, kekuatan dan kesehatan kuku. Kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti putih telur yang mengandung protein tinggi untuk memperkuat kuku. Caranya, oleskan putih telur pada kuku, diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin dua kali seminggu.
Saat mewarnai kuku, aplikasikan base coat yang akan melindungi kuku dari bahan kimia dan pewarna yang terkandung di dalam cat kuku & juga membuat pewarna kuku lebih melekat. Kamu bisa mencoba Revlon Nail Treatment Multi-Care Base and Top Coat atau OPI Nail Polish Natural Nail Base Coat. Kamu juga sebaiknya memilih cat kuku yang tidak mengandung alkohol agar kuku tidak rapuh, kering dan menjadi mudah terkelupas.
 Pilihlah pembersih kuku yang tidak mengandung aseton seperti OPI Acetone-Free Polish Remover with Aloe Vera karena aseton memiliki efek yang cukup keras pada lapisan kuku sehingga membuat kuku kering dan rapuh. Kamu juga disarankan untuk menggunakan pembersih kuku maksimal 2 kali dalam sebulan. Juga jangan terlalu sering memoles kuku dengan buffer karena akan mempertipis keratin.
Kuku juga memerlukan nutrisi alami agar tetap kuat. Karena itu, konsumsilah makanan dan minuman berkalsium tinggi (almond, yogurt,susu) dan yang mengandung vitamin A (hati, wortel, paprika) vitamin B kompleks (daging, telur, keju, ikan) dan zat besi (tiram, kacang-kacangan, biji-bijian).
Terakhir, kamu juga disarankan untuk menghindari sesi berendam atau berenang dimana kulit pada jemari kamu mulai menampakkan kerutan karena ini dapat membuat kuku lebih lunak dan mudah patah. Apabila ingin mencuci piring atau pakaian, kamu bisa memakai sarung tangan karet ataupun sarung tangan plastik untuk melindungi kuku jemari kamu dari air panas.

Tag Terkait