Jangan Panik! Atasi Hectic

Fimela Editor diperbarui 08 Nov 2011, 09:59 WIB
Manage your task! Saat kamu merasa pekerjaan sangat overload dan seolah minta diselesaikan pada waktu yang sama, itu berarti waktunya kamu harus membuat skala prioritas pada tumpukan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Rapikan file-file kamu yang bertumpuk, baca satu per satu dengan seksama dan mulailah menandai tumpukan file kamu sesuai prioritas. Misalnya saja, kamu bisa memilih warna ‘merah’ untuk label ‘urgent’, ‘biru’ untuk file ‘yang bisa ditunda’, dan ‘hijau’ untuk file ‘yang bisa dikerjakan paling akhir’. Semua pekerjaan harus selesai satu hari? Urutkan pekerjaan berdasarkan jam pekerjaan yang harus diselesaikan.
Cheers and Smile! Sebanyak apapun pekerjaan yang menghantuimu, usahakanlah untuk selalu tersenyum. Pekerjaan akan terasa lebih ringan dan lebih mudah dikerjakan jika dilakukan dengan hati yang senang dan terpancar dari senyuman lebar di wajahmu. Selain itu, saat kamu memasang wajah yang lebih enak untuk dilihat, orang kantormu pun akan lebih dengan senang hati menawarkan bantuan padamu. So, smile!
Pikir panjang sebelum bertindak!Suasana hectic pastinya bisa membuat emosimu meledak-ledak nggak karuan. Hal sepele pun bisa memancing amarah dan menimbulkan perseteruan. Jadi, jangan sekali-kali bertindak dalam keadaan marah. Terkadang emosi bisa mengalahkan akal sehatmu. Pikirkanlah apa yang mungkin akan ditimbulkan jika kamu bertindak dengan gegabah.
Tenangkan diri Hectic day bakal terasa semakin hectic kalau dihadapi dengan emosi yang mendidih. Jadi, tenangkanlah dirimu sejenak. Permainan pernapasan ternyata juga bisa membantu untuk menenangkan diri. Pejamkan mata dan fokuslah pada saat kamu menarik napas. Berusaha konsentrasi pada pernapasan dan abaikan gangguan yang ada di sekitar. Tarik 10 kali napas dalam-dalam. Pengaturan pernapasan bisa membantu mengembalikan keseimbangan sistem saraf dan memulihkan reaksi alami tubuh untuk menghadapi lingkungan yang penuh tekanan. Inhale-exhale!
Kosongkan pikiran untuk sementara Sebelum kepalamu meledak karena terlalu banyak tugas yang menjejali kepala, sebaiknya istirahat sejenak. Bangun dari tempat duduk, cari kafe atau tempat makan terdekat di sekitar kantor. Kamu bisa memesan kopi, teh, atau mungkin kue-kue kecil yang bisa membantu untuk menaikkan kadar gula darahmu. Luangkan waktu sekitar 30 menit untuk bersantai sejenak di tempat tersebut dan bebaskan pikiranmu dari semua rutinitas dan beban kerja untuk sementara. Berdiam diri 30 menit akan sangat membantumu mengontrol emosimu menghadapi hectic day.