Nikmati Musik, Manjakan Mata Lewat Konser

Agus Purwanto diperbarui 09 Nov 2011, 00:59 WIB
Katy PerryCalifornia Gurl yang satu ini memang senang bereksperimen mulai dari kostum, dekorasi panggung dan juga tatanan rambut. Dalam satu kali penampilannya, Perry tidak jarang berganti kostum sampai lima kali. Dekorasi andalannya adalah menjadikan panggung konsernya seperti candy land, mulai dari lollipop raksasa, penari latar berkostum ginger bread sampai kostum menyerupai bra yang mirip dengan kemasan cokelat Hersey’s Kisses. Oh, how sweet!
Empire of The Sun Band asal Australia ini memang mencirikan penampilannya dengan topeng dan penari latar yang berkostum sama ajaibnya dengan mereka. Duo Luke Steele dan Nick Littlemore ini selalu mengenakan kostum layaknya film science-fiction dan face painting yang seragam. Aksi panggungnya makin lengkap dengan berbagai topeng plus sinar laser yang menambah gemerlap konsernya. Isn’t it like Walking on a Dream?
Super JuniorKebayang nggak gimana hebohnya konser boyband Korea yang personilnya berjumlah 13 orang ini? Pastinya dibutuhkan panggung yang besar dan menjangkau semua personil untuk bisa atraktif dan juga berinteraksi dengan penonton konser. SuJu juga mengeluarkan album live berjudul Supershow dan akhirnya nama tersebut melekat setiap konser mereka di seluruh dunia. Di konser Supershow ini, SuJu menampilkan dekorasi panggung melingkar seperti huruf ‘O’ sebagai bagian yang mendukung koreografi mereka. Tidak lupa layar besar berlapis tiga supaya semua penonton bisa menikmati aksi panggung mereka dari jauh. Konon jumlah penonton konser bisa mencapai 200.000 orang di sembilan kota!
Imogen HeapPenyanyi eksentrik asal Inggris ini memang sering tampil ajaib sehari-hari ataupun di red carpet. Di perayaan Grammy Awards tahun 2010 lalu, ia mengenakan baju yang ia sebut “Twitter Dress” yaitu gaun dengan aplikasi online untuk memudahkannya meng-update twitter. Saat konser, penyanyi bernama lengkap Imogen Jennifer Jane Heap ini menggunakan pohon kristal yang terlihat seperti glow in the dark sebagai dekorasi utamanya. Selain itu, piano yang menjadi instrumen utamanya bukan sembarang grand piano tetapi piano berwarna transparan yang pastinya dipesan khusus untuknya.
Bjork Seperti namanya yang unik, aksi panggung penyanyi asal Islandia ini memang tidak mudah ditebak apalagi ditiru. Ia pernah memakai kostum ala Princess Leia dari Starwars, kostum hobo lengkap dengan topi dan pom pom warna warni, baju dengan tekstur tengkorak sampai kostum angsa yang legendaris. Semua kostumnya juga tidak main-main, salah satunya didesain khusus oleh desainer Søren Bach. Tata panggung tak terlupakan adalah konser di Reykjavík yang venuenya berada di antara pegunungan dan pelabuhan serta memadukan gemerlap eksterior penuh kaca mengkilap.
U2Band legendaris asal Irlandia ini tentu tidak mau kalah dengan musisi yang berbeda generasi lebih dari sepuluh tahun ini. Konser ini bukan sekadar penampilan konser ‘biasa’ tetapi juga merupakan bagian dari pengambilan gambar film U2 360° at the Rose Bowl yang dirilis 2010 lalu setelah satu tahun proses kreatif. Tidak heran setidaknya ada arsitek kenamaan Mark Fisher dan desainer Willie Williams yang terlibat dalam proyek ini di bawah arahan sutradara Tom Krueger.