Hati-Hati, Banyak Kuman Tersebar di Mall

Fimela Editor diperbarui 23 Nov 2011, 11:38 WIB
Wastafel kamar mandi umum Mencuci tangan adalah cara yang paling disarankan untuk menghentikan penyebaran kuman, namun wastafel tempat kita mencuci tangan pun sebenarnya adalah sarang kuman karena dipakai bergantian dengan banyak orang yang nggak semuanya bersih atau sehat. Cara untuk menghindari kuman adalah mencuci tangan dengan sabun selama kurang lebih 20 detik tanpa menyentuh wastafel, karena akan kembali memindahkan kuman yang ada di situ ke tanganmu.
Pegangan eskalator Sudah menjadi rahasia umum bahwa di spot inilah kuman banyak berada. Karena, bercampur semua bakteri yang berpindah dari tangan-tangan pengunjung mall yang lupa mencuci tangan, yang sakit, atau yang sudah membawa berbagai macam kuman dari hasil menyentuh barang-barang lain. Jadi, sebisa mungkin naiki eskalator tanpa harus bertumpu dengan pegangan atau segera bersihkan tangan dengan hand sanitizer begitu memegangnya.
Tombol ATM Ketika berkunjung ke mall, ATM adalah area yang perlu didatangi ketika uang tunai di dompet menipis, sementara di sinilah banyak ditemukan bakteri karena berbagai macam tangan yang nggak steril memencet tombol-tombol ATM. Jadi, jangan pernah langsung mengusapkan tangan ke wajah, mata, atau bahkan langsung mengambil makanan, saat baru saja selesai melakukan transaksi di ATM.
Toko Mainan Tempat ini menjadi pusat kuman karena anak-anak seringkali mengusapkan mainan ke wajahnya atau menjilat benda yang mereka temukan di sana, yang itu sama saja memindahkan kuman ke benda yang lain. Jadi, saat akan membelikan mainan, sebaiknya pilih dari urutan tengah, bukan yang dipajang paling depan, karena item tersebut sudah pasti telah dipegang oleh banyak tangan. Setelah itu, segera cuci atau bersihkan dengan seksama mainan yang telah dibeli, terutama untuk yang nggak terbungkus atau nggak tersegel, sebelum dimainkan oleh anak-anak.
Ruang ganti Ruang sempit tempat kita mencoba pakaian ini, menjadi berkuman karena setiap orang yang menggunakan ruangan ini, sebenarnya melepaskan sel-sel kulit mati, yang merupakan proses alami dari setiap manusia, kemudian memindahkan kuman mulai dari pegangan pintu fitting room, gantungan baju, hingga baju yang akan dicoba. Jadi, jangan pernah mencoba baju di toko tanpa mengenakan pakaian dalam.
Toko elektronik/gadget Umumnya, di toko elektronik atau gadget disediakan barang contoh yang bisa dipegang dan diuji coba oleh pengunjung. Dan, hasil dari sentuhan berbagai tangan itu, menjadi alasan kenapa toko ini adalah sumber kuman yang patut diwaspadai.  
Sampel make up Asyiknya berbelanja di mall adalah bisa melihat dan menyentuh langsung barang-barang yang menarik hati, termasuk perlengkapan make up yang biasanya disediakan sampel di meja display agar pengunjung tertarik untuk berhenti sesaat dan mencoba. Tapi, hati-hati bila kamu hobi mencoba lipstik atau blush on sampel, karena sudah banyak orang yang juga mencobanya, yang berarti sudah berkumpul bakteri di sana. Bila tetap ingin mencoba untuk melihat kecocokan warna makeup di skin tone-mu, oleskan tipis di punggung tangan, bukan langsung di bibir atau pipi, dan segera dibersihkan dengan tisu.