Mengunjungi Berbagai Belahan Dunia Lewat Film

Agus Purwanto diperbarui 29 Nov 2011, 00:59 WIB
Midnight in Paris - Prancis Romantisme kota Paris dibalut dalam kisah sejarah di karya teranyar Woody Allen, “Midnight in Paris”. Film ini penuh bintang yang sedang bersinar seperti Owen Wilson, Rachel McAdams, dan Marion Cotillard. Gil (Wilson) adalah seorang penulis yang jatuh cinta dengan kota Paris saat berlibur dengan tunangannya, Inez (McAdams). Sepanjang perjalanannya, Gil menikmati berbagai atraksi seni dan sejarah yang mengingatkan penonton pada histori Prancis dan juga mengungkap atmosfer kota tersebut yang membius dengan mudahnya. Woods sukses membawa penonton makin intim dengan kota Paris lewat pemandangan John XXIII Square, Montmartre, The Palace of Versailles, Opera, Sacré-Cœur, dan Panthéon. Quelle belle vue!
Memoir of Geisha – Jepang Sejarah yang dituliskan lewat novel akan makin lengkap dengan penggambarannya dalam film. Kisah seorang gadis kecil Chiyo (Suzuka Ohgo) yang bertransformasi menjadi geisha cantik Sayuri (Zhang Ziyi), ditampilkan oleh sutradara Rob Marshall. Kisah pahit gadis miskin yang terpaksa menjadi geisha sampai akhirnya menemukan cinta sejatinya, The Chairman (Ken Watanabe) ini, banyak mengambil latar tahun 30-an. Syutingnya sendiri dilakukan di California yang disulap menjadi taman ala Jepang, termasuk perpustakaan Huntington Library and Gardens. Di akhir masa produksi, beberapa adegan direkam langsung di Kyoto, Jepang.
Into The Wild – Alaska Kali ini, aktor Sean Penn mengangkat kisah Christopher McCandless (Emile Hirsch) dari novel karya Jon Krakauer berjudul sama, Into The Wild. Berawal saat McCandless yang mencoba hidup di alam bebas dan terisolasi dari dunia luar. Ia membuat kemping dari bus yang sudah rusak dan mendedikasikan perjalanannya dalam sebuah jurnal. Berangkat dari kisah biografi perjalanan McCandless menyusuri Amerika Utara, jadilah sebuah film yang penuh pemandangan alam liar sepanjang Alaska dan juga lokasi asli tempat McCandless meninggal, yaitu kota kecil Cantwell. Mungkin setelah menonton film ini, jiwa petualang kamu bisa langsung tergugah!
Mammamia! – Yunani Pecinta musik ABBA dan dewa Yunani, tampaknya begitu terpuaskan dengan film musikal adaptasi lagu ABBA, “Mamma Mia!” ini. Aktornya merupakan gabungan dua generasi yang diwakili Meryl Streep dan Amanda Seyfried. Sophie (Seyfried) akan melangsungkan pernikahannya dan ingin di hari spesialnya ada sang ayah yang mendampinginya. Ibunya, Donna (Streep), masih merahasiakan siapa sosok ayahnya tetapi Sophie tidak hilang akal. Ia menemukan buku harian Donna dan mengundang tiga pria yang kemungkinan adalah ayah biologisnya. Sepanjang film, penonton ‘dipaksa’ bernyanyi dengan serangkai lagu hits ABBA dan juga ‘dipaksa’ menikmati cantiknya Pantai Kastani di Pulau Skopelos, Yunani.
Sex and The City – Abu Dhabi Setelah puas tampil gaya dan mempesona sepanjang enam musim dan seri pertama film layar lebarnya, kali ini Carrie Bradshaw cs. memulai perjalanan terbarunya ke Timur Tengah. Mendapat undangan khusus dari raja minyak setempat, Carrie (Sarah Jessica Parker) bersama ketiga sahabatnya, Miranda (Cynthia Nixon), Charlotte (Kristin Davis), dan Samantha (Kim Cattrall) menikmati liburan eksklusif yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Ada kemewahan di balik hijab dan cadar yang dipakai wanita di Abu Dhabi, layaknya para New Yorkers! Syuting segmen Abu Dhabi sendiri sebenarnya dilakukan di Maroko dan dengan segala gemerlap fashion yang eksklusif, pecinta “Sex And The City” tentu tidak akan menemukan bedanya.