Sosok Ibu Dalam Film: Berhati Emas Sandra Bullock atau Setengah Gila seperti Jodie Foster?

Agus Purwanto diperbarui 20 Des 2011, 00:59 WIB
My Sister’s Keeper Sibling rivalry nampaknya akan selalu menjadi masalah klasik bagi kamu yang punya saudara perempuan. Masalah ini dihadapi Anna (Abigail Breslin) yang harus menghadapi kenyataan kalau kakaknya Kate, mengidap leukemia dan Anna ingin tetap menjalani hidup dengan normal di masa depan. Sang ibu, Sara (Cameron Diaz) adalah ibu protektif yang berusaha keras untuk menyembuhkan Kate dan tetap memberikan perhatian penuh untuk Anna. Bagaimana akhirnya komplikasi penyakit Kate, hubungan saudaranya dengan Anna, dan hubungan dengan sang Ibu?
Anywhere But Here Susan Sarandon memang langganan untuk memerankan tokoh ibu. Setelah bersanding dengan ibu tiri Julia Roberts di “Step Mom”, kali ini ia menjadi ibu yang ambisius bagi Ann (Natalie Portman) di “Anywhere but Here”. Menjadi orangtua tunggal dan harus membiayai kehidupannya dengan Ann, ternyata nggak mudah apalagi mereka berdua baru pindah dari Winconsin ke Beverly Hills. Ann merasa ibunya justru menjadi kekanak-kanakan dan memaksakan ambisinya untuk menjadi seorang aktris. Di off-screen kali ini ‘sang anak’ mencuri perhatian lebih, karena Portman berhasil masuk ke dalam nominasi Golden Globe Awards untuk Best Supporting Actress.
Virgin Suicides Pernah merasa punya orangtua yang terlalu kolot atau protektif? Tanya pada Lux Lisbon (Kirsten Dunst) dan adik-adiknya yang terpaksa menjauh dari kehidupan sosialnya karena hidup di lingkungan keluarga yang relijius dan protektif. Lux akhirnya terpaksa menyembunyikan hubungannya dengan Trip (Josh Hartnett) dari keluarganya. Sayangnya, rahasianya nggak mudah disembunyikan, akibat melanggar jam malam Lux dan saudara-saudaranya terpaksa dikurung di rumah. Segala akal dilancarkan demi bisa berhubungan dengan Trip, tetapi selalu ada jalan untuk ibunya mengetahui akal bulus Lux. Kekolotan ibunya tersebut ternyata harus dibayar mahal dengan tragisnya kisah hidup Lux.
 Flightplan Ibu bisa menjadi gila karena anaknya? Ini yang terjadi pada Jodie Foster dalam perannya di film “Flightplan”. Kyle (Foster) terbang dari Berlin ke Long Island, ketika tahu sang suami meninggal. Di perjalanan, Kyle baru menyadari anaknya, Julia,nggak ada di kursinya di pesawat. Kyle yang panik mencari ke seluruh badan pesawat, sementara kru pesawat yakin Kyle hanya terbang sendiri, dan Julia juga tewas bersama sang ayah di Long Island. Kyle bersikeras kalau Julia ikut bersamanya dan terjebak di salah satu bagian pesawat. Apakah Kyle berhalusinasi sejak kehilangan suaminya atau insting ibu memang lebih kuat dari apapun?
Incendies Harta bukan satu-satunya warisan yang bisa ditinggalkan oleh ibu pada anak-anaknya. Nawal (Lubna Azabal), seorang pengungsi asal Timur Tengah, mewarisi rahasia besar kepada dua anak kembarnya untuk mencari keberadaan sang ayah. Bukan hal mudah, karena identitas ayahnya masih berupa teka-teki yang harus ditelusuri satu per satu melintasi perjalanan waktu dan tempat. Jeanne dan Simon pun nyaris putus asa mengungkap misteri tersebut, tetapi surat warisan yang ditinggalkan ibunya tersebut harus sampai ke tangan sang ayah dan juga kakak laki-lakinya yang menghilang. Pesan apa yang sebenarnya ingin disampaikan Nawal pada dua anaknya itu? Film Kanada ini sukses menarik perhatian dunia sebagai salah satu nominasi Best Foreign Language di Academy Awards 2011 lalu.
The Blindside Kasih sayang orangtua kadang memang tidak datang langsung dari orangtua kandung. Michael Oher (Quinton Aron) sejak kecil tinggal di rumah keluarga lain yang mau menampungnya, tetapi ia selalu berhasil kabur dan kembali ke rumah di daerah kumuh. Sampai akhirnya teman satu sekolahnya, SJ, mulai memperhatikannya,  terutama ibunya,Leigh-Anne (Sandra Bullock). Bagi Leigh-Anne, Michael adalah anak yang menarik meskipun terlihat kurang percaya diri. Leigh-Anne pun mengajak Michael tinggal di rumahnya dan dianggap layaknya anak sendiri. Bukan itu saja, Leigh-Anne yang melihat potensi Michael di tim football pun, mendukung dengan sepenuh hati meskipun kemampuan Michael di bawah rata-rata. Peran Bullock yang begitu meyakinkan sebagai ibu berhati emas ini membuatnya dihadiahi Oscar tahun 2010 silam.

Tag Terkait