Tren Rambut Kepang, Pilih A La Runway Atau Red Carpet?

Fimela Editor diperbarui 27 Des 2011, 13:59 WIB
The Party BraidPada acara pesta kebanyakan perempuan datang dengan rambut tergerai dan di blow mengembang. Coba tampil beda dengan rambut braid-bun, yaitu rambut cepol atau sanggul dengan aksen kepang yang anggun. Untuk pesta semi-formal buatlah cepolan rapih pada bagian bawah  kepala dan berikan aksen kepang yang melingkari cepolanmu seperti gaya Jessica Simpson atau pada samping kepalamu seperti Jessica Alba dan Nicky Hilton. Kamu juga bisa membuat cepolan yang lebih tinggi untuk pesta yang lebih formal seperti gaya braid-bun Beyoncé.
The Headband BraidPernah dengar istilah headband braid? Ini merupakan gaya rambut kepang yang melingkar di atas kepala sehingga terlihat seperti headband. Ukuran kepangan ini bisa dibuat sesuai selera, kepangan besar seperti Sienna Miller atau kepang kecil yang manis seperti Kate Hudson. Serunya, headband braid ini bisa kamu aplikasikan dengan rambut digerai ke samping seperti Lauren Conrad atau dengan poni seperti Nicole Richie untuk kesan lebih hippie.
The Messy BraidWaktu kecil kita mungkin senang mengepang satu rambut kita. Sekarang kepang satu dapat terlihat dewasa dengan twist membuat ikatan di samping. Tidak perlu takut kalau kepanganmu sedikit berantakan karena potongan layers rambutmu. Messy braid yang memberi kesan relaks dan seksi ini digemari para selebriti Hollywood seperti Rachel McAdams, Jessica Lowndes, Ashley Greene sampai Kim Kardashian.
Accessorize Your BraidRambut kepang memiliki kelebihan yaitu cocok untuk berbagai macam bentuk wajah dan segala usia. Kelebihan lain dari gaya rambut kepang adalah ia bisa dikombinasikan dengan berbagai aksesori untuk hasil yang unik. Padukan kepang samping dengan pita dan topi seperti  Diane Kruger untuk tampilan lebih androgyny, atau aksesori bunga pada braid-bun seperti Peaches Geldof yang cocok untuk pesta kebun.
Under The Sea BraidJalinan kepang sangat unik karena bisa dirangkai dengan berbagai macam ikatan seperti mermaid atau fishtail braid yang paling “in” tahun ini. Jenis kepangan ini unik karena ikatannya yang kecil dan sangat rapat sehingga menyerupai ekor ikan atau putri duyung. Fishtail braid ini memberi kesan bohemian dan sedikit misterius. Untuk kepangan ini kamu tidak perlu rambut yang terlalu panjang hanya saja potongan rambutmu harus rata dan tidak memiliki terlalu banyak layers.
The Wedding BraidPernikahan yang terjadi hanya sekali dalam seumur hidup tentunya menjadi salah satu momen terpenting dalam hidupmu. Pastinya kamu ingin tampil beda dan menjadi “ratu” pada hari bahagiamu. Selain rambut sanggul atau di blow wave, kamu bisa tampil beda dan cantik dengan aksen kepang. Kreasikan sanggulanmu dengan beberapa kepangan kecil yang dililit mengitari sanggulan dan berikan beberapa aksesori seperti bunga atau pita. Atau, kamu bisa memilih gaya French braid yang menyamping lalu berikan aksesori bunga untuk hasil yang anggun dan romantis!
The Sporty BraidKepang juga bisa kamu pakai saat berolahraga. Beberapa petenis wanita seperti Serena Williams, Petra Kvitova, Victoria Azarenka dan Anna Chakvetadze mulai senang mengepang rambutnya saat beraksi di lapangan. Selain tidak mengganggu konsentrasi mereka dalam bermain tenis, rambut kepang juga membuat padu padan baju tenis mereka semakin manis.