HP = Penyebab Jerawat, Mitos Atau Fakta?

Fimela diperbarui 16 Jan 2012, 05:35 WIB
2. Berbicara di telepon genggam terlalu lama dapat menimbulkan jerawat? Fakta!Sadar ataupun tidak, telepon genggam memiliki banyak bakteri dan kuman. Belum lagi hawa panas yang dikeluarkan oleh telepon genggam karena pembicaraan yang terlalu lama. Sebelum berbicara, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu telepon genggammu dengan tisu atau lebih baik gunakanlah hands free.
3. Rutin memotong rambut dapat memercepat pertumbuhan rambut? Mitos! Kita mungkin berharap kalau ritual ini benar – benar nyata. Sayangnya, hal ini tidak benar. Sesering apapun kamu momotong rambutmu, rambut hanya akan tumbuh sepanjang setengah inci setiap bulannya. Walaupun demikian, memotong rambut secara rutin dalam jangka waktu 3 – 4 bulan sekali dapat merapikan ujung rambut yang bercabang.
4. Tidur selama 8 jam sehari dapat mengurangi berat badan? Fakta! Logikanya mudah. Selama tidur, tentu kita tidak akan makan atau ngemil bukan? Selain itu, tubuh akan melakukan regenerasi sel-sel sehingga metabolisme tubuh akan terjaga dan kita akan mampu melakukan pencernaan dan pembakaran secara maksimal. Karena itu, para ahli menganjurkan kita untuk tidur cukup selama paling tidak 6 – 8 jam sehari. Jangan lupa, kurang tidur juga dapat membuat badan menjadi lemas dan otomatis akan membuat kita malas melakukan aktivitas sehari – hari yang dapat membantu membakar kalori.
5. Memompa maskara berulang kali bisa memaksimalkan pemakaian maskara? Mitos! Kalau kamu berpikir hal itu akan membantu kamu mengaplikasikan maskara dengan lebih baik, itu adalah kesalahan besar. Memompa maskara berulang kali malah akan memudahkan angin untuk masuk ke dalam tube, membuat maskara cepat kering dan tidak tahan lama.  Daripada memompa, cobalah untuk memutar tutup maskara ketika ingin mengeluarkannya dari tube.
6. Mencabut uban membuat uban tumbuh semakin banyak? Mitos!This is so untrue, ladies. Mencabut uban tidak akan membuat uban tumbuh lebih banyak, apalagi dalam satu lubang akar. Uban akan semakin bermunculan seiring dengan bertambahnya usia. Meskipun hal ini adalah mitos, jangan biasakan diri untuk mencabuti uban karena hal tersebut dapat merusak akar rambut. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan pewarna rambut natural seperti yang berbahan dasar henna untuk menutupi uban – uban yang bermunculan
7. Pemutih gigi dapat merusak gigi? Fakta! Gigi yang sudah menguning memang mengganggu penampilan. Tapi terlalu sering menggunakan produk pemutih gigi dapat mengikis enamel gigi dan membuat gigi menjadi rapuh. Cukup  gunakan produk pemutih gigi sebanyak satu kali dalam setahun dan gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
8. Duduk dengan posisi kaki menyilang dapat menyebabkan varises. Mitos! Kamu bisa bernapas lega karena duduk dengan posisi kaki menyilang atau bertumpu pada salah satu kaki ternyata tidak ada kaitannya dengam munculnya varises. Varises muncul karena beberapa faktor lain seperti keturunan, obesitas dan berdiri dalam jangka waktu yang lama.
9. Tidur telentang dapat mencegah kerutan? Fakta! Buat kamu yang memiliki kebiasaan tidur menghadap ke arah kiri, kanan atau bahkan tengkurap, saatnya kamu membiasakan diri untuk tidur dalam posisi telentang. Para dermatologis dari American Academy of Dermatology (AAD) menyatakan bahwa kulit wajah yang tertekan ke bantal akan memunculkan garis – garis halus yang menjadi penyebab awal timbulnya keriput.
10. Teh dapat membuat gigi cepat kuning? Fakta! Meskipun tidak sebanyak kopi, teh juga mengandung kafein yang dapat merusak enamel gigi dan membuat gigi menjadi kuning. Kalau kamu memang penggemar berat teh, cobalah untuk meminumnya dalam kondisi yang tidak terlalu panas dan gunakan sedotan agar teh tidak langsung mengenai gigi.