Mau Tahu Cara Alami Kurangi Stres?

Fimela Editor diperbarui 19 Jan 2012, 03:59 WIB
Pisang Apa hubungan stres dengan pisang? Jangan remehkan buah yang satu ini karena ternyata pisang bisa membantu menekan rasa stres. Pisang mengandung dua senyawa, yakni dopamine dan serotonin, yang bisa menaikkan mood kita dan membuat kita selalu senang. “Saat mood sedang drop, terkadang saya makan pisang. Karena pisang bisa membantu saya menaikkan mood yang turun,” seorang Fimelova yang masih berstatus sebagai mahasiswa berbagi tips saat dihubungi tim FIMELA.com.
Hentikan rutinitas Siapa di antara kamu yang ketika bangun pagi nggak langsung meraih smartphone untuk mengecek e-mail kantor? Jawabannya: TIDAK ADA! Mood yang baik sangat kita perlukan untuk bisa memulai dan melalui hari dengan mulus. So, ubah kebiasaan pagimu dengan kegiatan yang lain yang bisa menenangkan pikiran, misalnya saja meditasi. Jangan biasakan mulai mengerjakan tugas di kantor di rumah. Tugas kantor hanya berlaku di kantor dan bebaskan aura rumahmu dari semua yang berbau dengan pekerjaan.
Konsumsi tanaman obat Berbicara tentang tanaman obat, pasti yang ada di kepalamu adalah berbagai ramuan jamu dengan rasa nggak bersahabat di mulut. Nah, salah satu tanaman obat yang bisa membantu meredakan tingkat stres kamu adalah jintan hitam atau yang lebih dikenal dengan habatussauda. Kamu nggak harus merasakan pahit saat mengonsumsi obat ini karena jintan hitam tersedia dalam kemasan kapsul. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi jintan hitam ini dengan cara dicampur dengan minuman lain, misalnya saja susu. Masak susu sapi murni yang dicampur madu dengan jintan hitam maka kamu akan mendapatkan segelas susu hangat dengan aroma rempah yang bisa menenangkan. Malas meracik susu rempah? Kamu bisa pergi daerah Bendungan Hilir, Jakarta pada malam hari. Di pinggir jalan sekitar 200 meter dari Pasar Bendungan Hilir kamu bisa mendapatkan susu rempah hangat yang langsung dibuat saat kamu memesan.
Musik Kayaknya nggak ada yang menolak kalau musik dikatakan sebagai alternatif paling jitu untuk redakan stres. Untuk memberikan efek tenang, pilihlah jenis musik slow, seperti musik klasik ataupun jazz. Karena mendengarkan musik dengan ritme pelan bisa membantu membuat perasaan dan pikiran kita menjadi lebih tenang. Dan jangan sekali-kali mencoba mendengarkan musik keras saat pikiranmu sedang mumet karena justru malah akan membuatmu menjadi lebih tegang. Musik keras justru akan memompa jantung dan tekanan darah lebih kuat.