Yuk, Belajar Manicure Mudah Di Rumah

Fimela Editor diperbarui 07 Feb 2012, 02:29 WIB
Siapkan alat-alat dasar untuk merawat kuku. Kamu bisa membeli satu set alat manicure yang banyak di jual di supermarket. Pastikan kamu memiliki gunting kuku, alat kikir, pendorong kutikula, sikat kuku, minyak kutikula, baskom kecil dan moisturizer tangan.
Pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunting dan merapihkan bentuk kuku sesuai selera. Bentuk oval atau kotak adalah pilihan aman yang bisa kamu pilih. Setelah itu haluskan bentuk dan ujung kuku dengan alat kikir. Pastikan kamu mengikir searah dari ujung kanan ke ujung kiri kuku, karena mengikir kuku dengan arah yang berlawanan hanya akan membuat pinggiran kukumu berantakan.
Isi air hangat dan sabun mandi ke dalam baskom lalu rendam jari-jarimu 2 hingga 3 menit. Kemudian gosok perlahan kuku dan jarimu dengan sikat kuku untuk menghilangkan kotoran dan melepas kulit-kulit mati. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.
Oleskan minyak pada kutikula dan dinding kukumu. Ini gunanya untuk melembutkan kulit-kulit dinding kukumu yang keras. Setelah itu pijat perlahan untuk melancarkan peredaran darah. Ambil pendorong kutikula dan dorong ke belakang dengan perlahan. Kutikula berguna untuk mencegah bakteri masuk ke dalam kuku dan terhindar dari infeksi. Oleh karena itu lakukan ini perlahan dan jangan pernah memotong kutikula!
Bukan hanya kuku bagian atas saja yang perlu perhatian, kuku bagian bawah pun juga perlu perhatian ekstra. Perhatikan kuku bagian bawahmu, apakah warnanya sedikit pudar? Kalau ya, ambil buah lemon potong dan usapkan daging dan sarinya pada kuku bawahmu. Sari buah lemon ini berguna untuk memutihkan serta mencerahkan kukumu!

Tag Terkait