Berbagai Upaya untuk Hamil, dari Bayi Tabung Sampai Surrogate

Fimela Editor diperbarui 08 Feb 2012, 08:56 WIB
Sebelum akhirnya dinyatakan positif hamil,  Halle Berry sempat melakukan 35 kali tes kehamilan yang semuanya negatif. Ada spekulasi yang menyatakan bahwa mantan kekasih Gabriel Aubrey ini menjalani metode bayi tabung untuk mendapatkan kehamilannya tersebut. Ia akhirnya melahirkan seorang bayi perempuan yang diberi nama Nahla, di usianya yang ke-41 pada Maret 2008.
Beberapa tahun setelah menikah, Novita Angie sempat sulit hamil karena kondisi kandungannya yang lemah akibat kista. Ketika akhirnya hamil, ia sangat menjaganya dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Kehamilan pertamanya sangat rentan perdarahan karena posisi plasenta yang berada di bawah, sehingga ia harus bedrest dan bersalin Caesar. Kini, Angie punya Jeremy (8) dan Jemima (7) yang lucu dan sehat.
Setelah kelahiran putra pertamanya secara normal pada 2002, Sarah Jessica Parker sempat sulit untuk hamil lagi. Akhirnya, ia dan suami, Matthew Broderick, memutuskan untuk menggunakan jasa pengganti (surrogate) untuk mengandung embrio calon bayi mereka. Si kembar Marion Loretta Elwell dan Tabitha Hodge pun kemudian lahir sehat pada Juni 2009, saat pemeran Carrie Bradshaw ini berusia 44 tahun.
Rieke Dyah Pitaloka memang cenderung sulit hamil. Kehamilan pertamanya terjadi 3,5 tahun setelah ia menikah dengan Donny Gahral Adian. Saking sulitnya, keduanya sempat tak berharap bisa punya anak lagi. Namun ternyata, sekitar empat tahun kemudian, Rieke kembali hamil, padahal mereka tidak mencoba program apa pun. Bayi kembar mereka, Misesa dan Jalumanon, lahir awal Januari lalu melalui proses Caesar.
Setelah enam tahun mencoba, Celine Dion dan René Angélil berhasil mendapatkan anak pertama mereka melalui bayi tabung pada 2001. Sebelumnya, Rene dinyatakan memiliki jumlah sperma yang sedikit, sehingga dokter melakukan prosedur khusus yaitu Intracytoplasmic Sperm Injection, di mana satu sperma disuntikkan ke dalam satu sel telur. Pada Oktober 2010, keduanya memeroleh bayi kembar, Eddy dan Nelson, melalui proses Caesar setelah enam kali bayi tabung dan satu kali keguguran.
Bertahun menanti, Inul Daratista akhirnya berhasil hamil melalui program bayi tabung yang dijalaninya pada awal September 2008. Namun sebenarnya, kehamilan itu bukanlah yang pertama. Setahun sebelumnya ia sempat juga hamil, tapi keguguran. Hampir sembilan bulan sejak program bayi tabungnya itu dimulai, Inul kemudian melahirkan anak laki-lakinya secara Caesar, pada pertengahan Mei 2009.
Tak hanya dalam Friends, Monica mengalami sulit hamil dengan pasangannya, Chandler. Dalam kehidupan nyata, Courtney Cox pun mengalami hal serupa. Setelah beberapa kali keguguran, istri David Arquette ini akhirnya berhasil hamil melalui bayi tabung, dan melahirkan bayi perempuan Coco, dua hari sebelum hari ulang tahunnya ke-40.