Berpulang di Usia Muda

Fimela Editor diperbarui 09 Feb 2012, 11:51 WIB
Amy Winehouse Amy Winehouse ditemukan tewas di rumahnya di London pada Juli 2011. Menurut beberapa sumber, Amy meninggal karena dugaan overdosis. Ia ditemukan oleh petugas emergency setempat yang datang ke rumahnya, dan dinyatakan meninggal ketika ambulans dan petugas medis tiba di lokasi. Amy, yang meninggal di usia 27, ini sempat memenangkan Brit Award pada 2007 untuk kategori Best British Female Artist.
Nike Ardilla Di usia yang belum genap 20 tahun, saat karirnya tengah menanjak, Nike Ardilla mengembuskan napas terakhirnya. Ia mengalami kecelakaan mobil sepulang dari diskotik pada Maret 1995. Ada isu negatif yang mengatakan bahwa Nike menyetir mobilnya dalam keadaan mabuk, tapi hasil visum nggak menunjukkan adanya kandungan alkohol dalam tubuh penyanyi asal Bandung tersebut.  Kematian Nike memang jadi salah satu berita paling menghebohkan di tahun 90an.
Heath Ledger Nominator aktor terbaik Golden Globe untuk film Brokeback Mountain ini tewas di apartemennya di New York pada Januari 2008, di usianya yang ke-28. Ia diduga kuat meninggal karena keracunan akut atas penggunaan beberapa obat secara bersamaan, diantaranya obat tidur dan painkiller.  Saat itu, Heath baru saja menyelesaikan syuting film terakhirnya yang merupakan sekuel dari Batman Begins, The Dark Knight, di mana ia berperan sebagai The Joker. Heath meninggalkan seorang putri dari hubungannya dengan Michelle Williams, Matilda.
Aaliyah Pada Agustus 2001, setelah selesai syuting video klip, Aaliyah dan beberapa orang krunya terbang dari Bahama menuju Florida. Saat itu, mereka menggunakan pesawat Cessna yang lebih kecil dari yang biasa mereka gunakan. Akibatnya, karena kelebihan muatan, pesawat meledak sesaat setelah lepas landas, dan menewaskan semua penumpangnya. Selain menyanyi, Aaliyah, yang tewas pada usia 22, juga sempat mengasah bakat aktingnya melalui film Romeo Must Die dan Queen of The Damned.
Ryan Hidayat Aktor muda pemeran karakter Lupus yang diangkat dari novel karya Hilman Hariwijaya ini, meninggal pada usia 26 karena komplikasi penyakit typhus dan demam berdarah. Namun, ada juga sumber yang menyebutkan bahwa ia meninggal karena overdosis narkotika. Ryan, yang lahir di Praha dari ibu berkebangsaan Ceko, sudah memulai karirnya di depan kamera sejak usia empat tahun, dan sempat belajar di sebuah sekolah film di Australia pada awal tahun 90an.
Brittany Murphy Aktris yang membintangi 8 Mile bersama Eminem ini tewas setelah terjatuh di kamar mandi rumahnya pada Desember 2009, di usianya yang ke-32 tahun. Nggak ada tanda-tanda negatif yang mengarah pada penganiayaan atau pun penggunaan obat-obatan tertentu pada hasil autopsi, namun ibu Brittany sempat mengungkapkan bahwa mendiang putrinya itu mengidap diabetes. Selain akting, Brittany juga cukup sering mengisi soundtrack untuk beberapa film yang dibintanginya, seperti Nobody Does It Better dalam Little Black Book. 
River Phoenix Kakak dari Joaquin Phoenix ini termasuk salah satu aktor muda Hollywood paling berbakat di era 80-90an. Namun sayang karirnya nggak panjang, karena pemegang nominasi Oscar untuk film Running on Empty ini meninggal pada usia 23. Penyebab kematiannya adalah gagal jantung, yang merupakan akibat dari penggunaan obat-obatan. Ia meninggal setelah sebelumnya pingsan di sebuah lokasi di Los Angeles. 
Adesagi Kierana Kematiannya yang mendadak di usia 34 mengejutkan dunia fashion dalam negeri. Adesagi Kierana ditemukan tewas bersama temannya di sebuah rumah di Bandung, pada hari pertama tahun 2012 lalu. Dari hasil autopsi, designer muda anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia ini diduga meninggal akibat keracunan gas karbonmonoksida dari pemanas air di dalam kamar mandi, tempat ia mengembuskan napas terakhir. Rancangan Adesagi identik dengan konsep yang playful dan warna-warni.  
Jonathan Brandis Teen idol yang sempat melejit lewat film Sidekicks bersama Chuck Norris ini meninggal di Cedars-Sinai Medical Center Los Angeles, karena usaha bunuh diri yang dilakukannya melalui gantung diri. Nggak diketahui sebab pasti kenapa ia bunuh diri, tapi beberapa teman Jonathan mengatakan, bahwa ia depresi terhadap karirnya yang semakin menurun pada beberapa tahun terakhir sebelum kematiannya. Pemeran Lucas Wolenczak dalam SeaQuest DSV ini meninggal pada usia 27.
Ade Namnung Komedian bertubuh tambun ini tutup usia pada akhir Januari lalu, setelah beberapa lama dirawat di rumah sakit akibat stroke dan serangan jantung. Sebelumnya, Ade Namnung mendadak ambruk dan pingsan karena stroke pada pertengahan Desember 2011. Kondisinya sempat membaik, tapi ternyata kemudian Tuhan berkata lain. Semasa hidup, Ade yang meninggal pada usia 34 ini, sering menjadi presenter untuk banyak acara di televisi.
Brandon Lee Seperti ayahnya yang juga seorang aktor martial art legendaris, Bruce Lee, Brandon Lee berpulang pada usia yang relatif muda, 28 tahun. Ia mengalami kecelakaan saat syuting film The Crow, di mana ia terbunuh karena adanya kesalahan teknis pada properti senjata yang digunakan dalam syuting film tersebut. Sebelum meninggal, Brandon berencana menikah dengan Dianne Eliza Hutton, seminggu setelah syuting yang menewaskannya itu selesai.
Alda Risma Di sebuah kamar hotel di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Alda Risma ditemukan tewas pada Desember 2006. Melihat banyaknya bekas suntikan di tubuhnya, Alda diduga meninggal karena overdosis obat. Namun ada penyidikan yang mengatakan bahwa kematian Alda disebabkan pembunuhan yang dilakukan temannya, Ferry Surya. Di awal karirnya, Alda yang berpulang pada usia 24, pernah berduet dengan boyband asal Inggris, Code Red.