Stop Kebiasaan Buruk di Tempat Kerja!

Fimela Editor diperbarui 13 Feb 2012, 13:26 WIB
Makan di Meja Kerja Mungkin kadang kamu merasa nggak sempat keluar kantor untuk makan siang, tapi makan siang di meja kerja juga bukan sesuatu yang baik, lho! Selain ada banyak sekali kotoran tak terlihat pada meja kerjamu, menggabungkan kegiatan makan siang di ruangan atau bahkan di meja kerja akan membuat makanan yang kamu asup menjadi tidak terkontrol. Dan bukannya menjadi lebih berenergi, kamu malah jadi mengantuk karena makan terlalu banyak.
Melewatkan Jam Istirahat Meski pekerjaanmu menggunung, kamu perlu beristirahat pada jam istirahat. Menggunakan waktu istirahat untuk bekerja justru akan mengurangi produktivitas kamu. Ini karena, saat kamu bekerja terus-menerus selama delapan jam, kamu akan cepat mengalami keletihan yang makin lama akan makin menumpuk. Ini tentu tidak memberikan pengaruh baik untuk hasil kerjamu. Di samping itu, bekerja tanpa henti juga akan membuatmu menabung stres.
Berbicara Terlalu Keras di Telepon Tak ada yang melarang kamu menerima telepon pada jam kerja, asal kamu bisa menjaga suaramu. Apalagi jika suasana ruang kerjamu cukup hening dan jarak antar meja terlalu dekat, suaramu akan mengganggu konsentrasi rekan kerjamu. Lagipula, tak semua orang perlu tahu masalahmu kan? Kalau kamu merasa pembicaraanmu penting dan akan cukup panjang, mungkin kamu bisa keluar ruangan dulu sebentar untuk menerimanya.
Masuk Saat Sakit Selain dapat memperburuk kondisi sakitmu, kamu belum tentu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik jika memutuskan untuk tetap masuk kerja saat sakit. Terlebih, beberapa penyakit tertentu akan dapat menular pada rekan kerjamu. Jadi, lebih baik kamu beristirahat dulu di rumah. Menurut dr. Saptati dari klinik Karya Medika Bekasi, waktu yang cukup untuk beristirahat di rumah jika kamu mengalami sakit yang nggak terlalu berat adalah 1-2 hari.