Raja dan Ratu Inggris di Singgasana Hollywood

Fimela Editor diperbarui 23 Feb 2012, 09:10 WIB
Natalie Portman sebagai Anne Boleyn Anne Boleyn adalah nenek moyang dari ratu Elizabeth I. Ia adalah istri kedua Raja Henry VIII dan hanya sempat menjadi permaisurinya selama sekitar tiga tahun, karena sifat Raja Henry yang cepat bosan. Sang raja pun lalu membuat tuduhan palsu yang akhirnya menghantar permaisurinya itu pada hukuman pancung. Selain Natalie Portman dalam The Other Boleyn Girl, Anne Boleyn juga pernah diperankan Natalie Dormer dalam serial The Tudors.
Colin Firth sebagai King George VI The King’s Speech berlatar belakang tahun 1939, ketika Inggris menyatakan perang pada Nazi Jerman. Namun bukan itu yang menjadi topik utama dari film garapan sutradara Tom Hooper ini, melainkan sisi personal dari Pangeran Albert Frederick Arthur George atau Raja George VI, yang memiliki kecenderungan gagap saat bicara. Dan tampaknya Colin Firth begitu menyatu dengan karakternya, terbukti dengan diraihnya penghargaan Best Actor dalam Academy Award 2010.
Emily Blunt sebagai Ratu Victoria Sesuai judulnya, The Young Victoria, dalam film ini Emily Blunt memerankan sosok Ratu Victoria pada masa muda, ketika ia menerima tahta di usianya yang baru 18 tahun. Victoria adalah anak dari Pangeran Edward, Duke of Kent, dan Putri Victoria Saxe-Coburg-Saalfeld. Ia menjadi ratu Inggris karena sang ayah dan kakek, raja George III, meninggal pada tahun yang sama, 1820. Victoria menikahi sepupu pertamanya, Pangeran Albert Saxe-Coburg and Gotha, yang dalam film ini diperankan Rupert Friend.
Helen Mirren sebagai Ratu Elizabeth II The Queen berlatar belakang kerajaan Inggris pascakematian Putri Diana pada 1997. Saat itu, keluarga kerajaan, khususnya Ratu Elizabeth II---yang diperankan Helen Mirren---tampak menutup diri dari masyarakat. Film ini juga menggambarkan bagaimana Ratu Elizabeth II membina kerjasamanya dengan perdana menteri yang baru terpilih, Tony Blair (diperankan Michael Sheen), di tengah sifat mereka yang sangat bertolak belakang; ratu yang cenderung dingin dan Tony yang supel dan friendly.