Kunci Dapatkan Postur Tubuh Sempurna

Fimela Editor diperbarui 27 Feb 2012, 03:59 WIB
Kayaknya kurang enak dilihat kalau penampilan luar kita sudah sempurna, tapi harus dirusak dengan postur tubuh yang agak bungkuk atau cara jalan yang tidak enak karena menahan nyeri punggung. Karena itu, sebelum parah, sebaiknya kita mulai menghilangkan gangguan-gangguan yang muncul. Ternyata untuk mengurangi gangguan-gangguan tersebut, kita hanya perlu melakukan satu cara alami, yakni renang.
"Penggunaan high heels dan cara duduk yang tidak benar saat bekerja merupakan penyebab utama timbulnya berbagai gangguan pada tubuh. Keluhan yang sering dirasakan oleh pasien adalah sakit punggung dan terkadang juga ada yang sampai mengalami kelainan pada tulang belakang mereka. Dan olahraga terbaik untuk memperbaiki gangguan-gangguan itu semua adalah renang. Kenapa? Karena saat renang, bisa dikatakan semua anggota tubuh bergerak. Dengan demikian, secara perlahan dan tanpa harus merasakan sakit, tulang-tulang pun akan kembali ke posisi yang seharusnya," Neil Furuno, D. C., menjelaskan secara detail pada tim FIMELA.com.
Ternyata renang nggak hanya bisa memperbaiki dan membuat kita memperoleh postur tubuh ideal lho. Buat kamu yang sering mengalami sesak napas karena asma, renang juga merupakan olahraga terbaik yang bisa mengendalikan gangguan pernapasan yang kamu rasakan.
"Olahraga terbaik untuk penderita asma adalah renang. Kenapa? Karena saat renang kita belajar mengatur napas dan ketika berenang juga, paru-paru kita pun akan terbuka lebih lebar. Karena itu, hingga saat ini renang masih menjadi olahraga terbaik untuk mengendalikan sesak napas," DR. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI, menambahkan. Sekali mendayung, 2-3 pulau terlampaui kan? Dengan rutin berenang, kita bisa memperbaiki kondisi tulang punggung dan juga membuat sistem pernapasan kita jauh lebih baik.