Buah & Sayuran Segar Bikin Gigi Putih?

Fimela Editor diperbarui 14 Mar 2012, 08:59 WIB
Sebelum membagi tips, ingat lagi, yuk, makanan atau minuman apa saja yang menjadi penyumbang gigi kuningmu. Cherry, blackberry, dan blueberry, buah bit, juga tomat adalah makanan bergizi, tapi rupanya nggak berlaku untuk gigimu. Warna alaminya yang pekat bisa meninggalkan noda di gigi, apalagi jika kamu hobi makan saus tomat yang masih diberi tambahan pewarna buatan. Nggak cuma itu, kecap dan semua jenis saus yang berwarna pekat berpotensi meninggalkan noda di gigi, juga bumbu kari. Tak terkecuali minuman berwarna gelap, seperti teh, kopi, dan red wine.
Kadar asam yang tinggi pada minuman bisa merusak lapisan enamel gigi dan menyebabkan kemungkinan noda tertinggal di gigi makin besar, juga menimbulkan bau tak sedap dan gigi berlubang. Minuman berkadar asam tinggi, misalnya, minuman kesehatan, minuman soda, cuka apel, dan jus buah, seperti jeruk. Obat antibiotik sejak dulu juga terkenal merusak gigi dan menyebabkan gigi kuning permanen karena kandungan zat tetracycline di dalamnya. Selanjutnya adalah rokok. Nikotin dan zat kimia lain yang dikandung rokok nggak hanya mengancam kesehatan, tapi juga warna gigi.
Untuk menyiasati agar warna-warna dan kadar asam tak tertinggal lama di gigi, atau plak yang membuat gigi tampak kuning hilang, bilas mulutmu dengan air putih. Rajin-rajinlah pula menyikat gigi beberapa saat setelah mengonsumsi makanan atau minuman di atas. Sikat gigi elektrik bisa jadi pilihan karena lebih efektif membersihkan gigi dan membuang plak serta bakteri penyebab gigi kuning.
Menurut drg. Linda dari Dental Salon, memang banyak penyebab seseorang memiliki gigi kusam. Tapi, saat ini hal itu bukan masalah besar karena berbagai metode pemutihan gigi, seperti bleaching dan whitening bisa kamu coba. Kamu bisa menggunakan pasta gigi ber-pemutih, tapi tak menutup kemungkinan untuk tetap menggunakan cara alami, menghindari efek samping bleaching yang bisa saja terjadi, seperti gigi ngilu dan iritasi pada gusi.
Gunakan sedotan untuk meminum minuman berwarna pekat, seperti teh dan kopi, agar langsung masuk ke tenggorokan tanpa perlu mampir ke gigimu. Adakah permen yang juga bisa membersihkan gigimu? Ya, permen karet masih menjadi juara dalam hal mengangkat kotoran di gigimu. Tapi, karena kebanyakan mengunyah permen karet bisa membuat perut kembung, tak perlu lama-lama mengunyahnya, cukup sampai kamu merasa gigimu bersih. Permen karet bisa menjadi pengganti pasta gigi dalam keadaan darurat.
Buah dan sayuran segar juga bisa mengikis kotoran di gigi, membersihkan gigimu dan mempertahankan warna putihnya. Jadi, perbanyak mengunyah buah dan sayur segar, jangan hanya mengandalkan jus atau hanya makan sayuran yang sudah diolah matang. Buah segar yang manis dan mengandung banyak air bisa kamu pilih, seperti buah naga, melon, semangka, anggur, dan pir. Untuk sayuran, bisa kamu dapatkan dari salad atau menu lalapanmu, seperti kembang kol, selada, mentimun, terong, kacang panjang, dan kemangi. Selamat mencoba, Fimelova. Atau punya cara lain? Share, dong!