4 Resep Tidur Nyenyak Bareng Pasangan

Fimela Editor diperbarui 19 Mar 2012, 11:29 WIB
telentang + menyamping Kalau kamu suka tidur dengan posisi miring, tatap mata pasanganmu. Tapi, jauhkan sedikit badanmu darinya agar tanganmu nggak terhimpit atau tertindih. Profesor bedah ortopedi dan direktur Emory Spine Center Atlanta, Scoot D. Boden, M.D., juga memberi saran agar pasanganmu tidur telentang dengan posisi salah satu lengan di samping badan, bukan dinaikkan di atas kepala, untuk mengurangi tekanan di bahu. Dan untuk menjaga kedekatanmu dan pasangan, peluk atau cukup pegang salah satu tangannya. Bisa juga dengan meletakkan salah satu kakimu di antara kedua kaki pasanganmu. Ini membuat kamu lebih intim dan nggak terpisahkan sepanjang malam.
tengkurap + menyamping Kamu suka memeluknya, tapi pasangan mengaku gerah? Biarkan pasanganmu tengkurap dan kamu bisa memeluknya dari belakang. Cara ini membuatmu tetap melakukan kontak fisik dengan pasangan, sementara pasangan nggak merasa sumpek. Letakkan bantal di bagian perut pasangan untuk memberi tekanan pada punggung sehingga lebih rileks dan nyaman. Tapi, jangan terlalu sering tidur dengan posisi ini karena bisa menimbulkan kerutan di wajah dan mengendurkan payudara, saran dr. Roshini Rajapaksa, editor majalah Health.
telentang + telentang Posisi ini nggak memungkinkanmu dan pasangan saling memepuk, tapi kamu akan tetap terhubung dengannya lewat pegangan tangan atau ujung kaki yang saling bersentuhan. Keunggulan posisi tidur ini adalah kamu dan pasangan bisa saling bertatapan. Romantis! Thomas mengatakan, "Kontak mata yang mengantuk setiap harinya menciptakan kedekatan batin." Selain itu, menurut Sammy Margo, penulis Good Sleep Guide, tidur dengan posisi telentang juga baik untuk punggung, baik bagi penderita arthtritis juga karena beban tubuh rata terbagi ke seluruh tubuh tanpa tekanan di daerah tertentu.
menyamping ke satu arah (salah satu memunggungi pasangan) Menurut Todd Sinett, D.C., salah satu penulis The Truth About Back Pain, tidur dengan posisi menyamping membantu memberi tulang belakang tekanan, sehingga posisi ini baik untuk pasangan yang mempunyai masalah dengan punggung. Tekuk lututmu dan letakkan bantal di antara kedua lutut agar punggung dan kakimu nggak kaku saat bangun tidur. Selain itu, posisi leher lebih baik sejajar dengan tubuh agar nggak membuat tegang otot dan syaraf leher.