4 Makanan Pemicu Migrain

Fimela Editor diperbarui 03 Apr 2012, 09:05 WIB
MSG (Monosodium Glucomat) Siapa sih yang nggak senang dengan makanan gurih? Gorengan, garing, gurih, pedas; kombinasi yang pas untuk camilan pada siang hari. Rasa gurih pada makanan membuat kamu tidak bisa berhenti mengonsumsi makanan yang ada di hadapan kamu. Tapi, tahukah kamu kalau MSG adalah pemicu sakit kepala, terutama migrain, yang paling efektif? Karena MSG bisa memengaruhi penyempitan pembuluh darah yang bisa mengakibatkan sakit kepala. “Saya agak sensitif dengan makanan yang terlalu banyak MSG. Sedikit saja makan makanan yang terlalu gurih, biasanya saya langsung sakit kepala dan efeknya akan langsung terasa setelah beberapa saat selesai makan,” Dhea (23).
Keju Keju memicu sakit kepala? Jadi, sama sekali nggak bisa mengonsumsi keju? Sabar, jangan terlalu panik. Keju yang bisa memicu sakit kepala adalah keju yang sudah berumur yang cukup tua. Kita tahu bahwa keju impor banyak yang berumur lebih dari 1 tahun. Semakin tua keju maka akan semakin mahal dan semakin enak. Tapi, justru semakin tua keju maka akan membuatmu semakin cepat sakit kepala karena megandung semakin banyak tyramine, satu zat yang memicu timbulnya sakit kepala. Tapi, nggak perlu sedih, kamu masih bisa menikmati produk olahan keju lainnya, seperti cottage cheese dan cream cheese.
Alkohol Penderita migrain dan sakit kepala kronis, sepertinya sudah harus mulai mengurangi konsumsi minuman beralkohol. Alkohol bisa meningkatkan peredaran darah ke otak dan menyebabkan dehidrasi. Kedua faktor inilah yang membuat sebagian orang langsung sakit kepala usai mengonsumsi alkohol. Mungkin kamu bisa mulai mencoba minum kopi karena kafein yang ada di dalam kopi bisa mengurangi nyeri sakit kepala, tapi yang perlu diingat adalah konsumsi kopi dalam jumlah wajar, 1 cangkir sehari.
Pisang Pisang adalah salah satu buah yang harus dihindari oleh para penderita migrain. Belum ada penelitian lebih lanjut tentang kebenaran ini, tapi beberapa pakar kesehatan Amerika menyarankan para penderita sakit kepala kronis menghindari buah yang satu ini karena ternyata pisang juga mengandung tyramine. “Saya lupa kapan terakhir makan pisang. Saya berhenti makan pisang karena beberapa saat setelah mengonsumsi pisang, entah kenapa biasanya saya langsung sakit kepala. Nggak hanya itu, itupun bisa berujung pada konstipasi,” Ocha (25). Lebaik baik kamu perbanyak makan buah semangka. Kenapa? Salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi. Nah, kandungan air yang tinggi dalam semangka bisa membantu meredakan nyeri sakit kepala yang kamu alami.