Iko Uwais dan Van Damme: Mana yang Lebih Oke dalam Film Action?

Fimela Editor diperbarui 05 Apr 2012, 12:59 WIB
Channing Matthew Tatum Wajah tampan dan lembut, pemilik nama lengkap Channing Matthew Tatum ini rasanya selalu pas untuk memainkan peran apapun. Berperan dalam film drama romantis? Kamu bisa melihat Channing dalam film The Vow ataupun She’s The Man. Tapi, bukan berarti Channing kehilangan kharismanya saat bermain dalam film action. Siapa sangka, bintang film action kelahiran tahun 1980 ini ternyata juga berprofesi sebagai penari. Penasaran dengan kelihaian Channing dalam menari? Kamu bisa menyaksikan film Step Up. Dan kalau penasaran ingin menyaksikan kemahiran Channing dalam berkelahi, G. I. Joe adalah salah satu film Channing yang bisa kamu nikmati.
Arnold Schwarzenegger Sebelum terkenal sebagai seorang aktor laga, Arnold Schwarzenegger terlebih dahulu terkenal sebagai bodybuilder  yang memenangkan empat kali kejuaraan, Mr. Olympia. Selain itu, Arnold juga tercatat sebagai pemenang International Powerlifting Champion pada tahun 1966. Hingga saat ini, Arnold selalu sukses membuat hidup berbagai film action yang dibintanginya. Terminator adalah salah satu film Arnold yang sangat sukses hingga tokoh dalam film tersebut diidentikan dengan mantan suami Maria Shriver ini.
Jet Li Berbeda dengan aktor laga lainnya, seperti Jacky Chan, sebelum menekuni profesinya sebagai aktor laga, Jet Li adalah anggota tim wushu nasional Cina. Prestasi yang ditorehkan Jet Li dalam dunia wushu pun tidak bisa dianggap remeh. Jet Li pernah mengantongi 15 medali emas dan 1 medali perak dalam kejuaraan wushu di Cina. Dan kini, didukung dengan kemampuan bela dirinya, Jet Li pun sukses menempatkan dirinya sebagai salah satu aktor laga di Cina.
Jason Statham Walaupun berlatar belakang sebagai anggota British National Diving Team, aksi Jason dalam film action pun nggak kalah dengan para atlet bela diri lainnya. Bahkan, Jason pun sempat beberapa kali memerankan sendiri scene berkelahi tanpa menggunakan pemeran pengganti. The Transporter, Death Race, Crank, The Bank Job, dan War hanyalah beberapa judul film action yang sukses dibintangi oleh Jason.
Jean Claude Van Damme Kick boxer, itulah awal mula karir Van Damme di dunia laga. Sebagai seorang profesional, Van Damme telah memenangkan 19 kejuaraan dengan ban hitam karatenya. Awal tahun 90-an, Van Damme mulai menggunakan ilmu bela dirinya dalam pekerjaan barunya sebagai aktor bintang laga Hollywood.
Dede Yusuf Sebelum menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, Dede terlebih dahulu eksis sebagai aktor di dunia hiburan Indonesia. Berbagai jenis film dan sinetron pernah dijajal Dede, salah satunya adalah film action. Kamu yang mengalami masa remaja era 80 atau 90-an, pasti pernah menyaksikan laga Dede dalam berbagai film action Indonesia. Dede adalah salah satu bintang bela diri cabang taekwondo dan mulai mengikuti kejuaraan cabang hingga tingkat nasional sejak tahun 1982 hingga 1990. Dede pun pernah meraih gelar Juara Nasional Taekwondo pada tahun 1984 dan 1988. Selain itu, Dede terdaftar sebagai tim nasional Indonesia selama beberapa tahun.