Penutupan Olimpiade London 2012: Pesta Musik dan Fashion ala Inggris

Fimela Editor diperbarui 13 Agu 2012, 11:59 WIB

 

 

 

What's On Fimela
Sebanyak 80.000 penonton yang menyaksikan langsung penutupan perhelatan olahraga terbesar di dunia itu disuguhi pertunjukan musik spektakuler bertajuk "A Symphony of British Music" dari tiap era, mulai dari 60-an sampai yang terkini.
Roger Daltrey, Pete Townshend, Queen yang menggandeng Jessie J, George Michael, Annie Lennox, Emili Sande, Pet Shop Boys, Spice Girls, Take That, The Who, hingga One Direction, adalah sederet musisi papan atas yang ikut meramaikan penutupan Olimpiade London ini. Mendiang Freddie Mercury dan John Lennon tak ketinggalan ikut mengisi acara. Rekaman penampilan mereka di layar raksasa yang diputar malam itu langsung membuat para penonton bersorak.
Ray Davies menyanyikan single Waterloo Sunset ketika menyambut sepuluh ribu lebih atlet dari berbagai negara yang ikut bergabung dalam kemeriahan pesta malam itu. Tak ayal, semua pun larut dalam kebahagiaan setelah berjuang total demi negara masing-masing.
Menariknya, Spice Girls yang dikabarkan sempat batal reuni beberapa waktu lalu karena kesibukan para personilnya, menyempatkan diri tampil di penutupan Olimpiade semalam. Mengobati kerinduan para penggemarnya, mereka keluar panggung dengan diantar 5 taksi hitam dan menyanyikan salah satu single andalan mereka, Spice Up Your Life. Semua pun tenggelam dalam nostalgia grup yang digawangi lima perempuan cantik yang tetap tampil memukau itu.
Tak hanya pertunjukan musik, para supermodel dihadirkan pula di catwalk Union Jack, memamerkan keindahan gaun emas rancangan Alexander McQueen dan Vivienne Westwood yang akan tampil di majalah Vogue edisi September mendatang. Elemen dekoratif panggung raksasa juga tak melewatkan unsur seni dan budaya khas Inggris yang mempesona.
Sebagai bagian dari tradisi Olimpiade, Presiden Komite Olimpiade Internasional Jacques Rogge dan Presiden Asosiasi Internasional Federasi Atletik Lamine Diack  menyerahkan medali ke para pemenang cabang lari marathon putera.
Seremoni resmi penutupan olimpiade sendiri ditandai dengan penyerahan bendera Olimpiade dari Walikota London Boris Johnson kepada Jacques Rogge, dilanjutkan dengan penyerahan bendera itu ke Walikota Rio de Janiero Eduardo Paes yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2016. Obor Olimpiade London 2012 pun dipadamkan.
Pesta akbar yang melibatkan 4.100 pengisi acara ini pun ditutup dengan penampilan Take That dan The Who.
Sayang, tak ada satu pun atlet Indonesia yang turut bergabung dalam euforia pesta penutupan Olimpiade London 2012 karena ke-22 atlet beserta pelatihnya sudah terlebih dulu pulang ke Indonesia pada Selasa (7/8) setelah berhasil membawa pulang 1 perak dan 1 perunggu.
Amerika sendiri memimpin perolehan medali emas sebanyak 46 dengan total medali lain sebanyak 104. Sementara itu China menyusul dengan 38 medali emas, dan tempat ketiga diduduki Inggris yang mendapatkan 29 medali emas dan 65 total medali.