Waspada! 4 Modus Perampokan Ancam Ketenangan Liburan Akhir Tahun

Fimela Editor diperbarui 18 Des 2012, 09:00 WIB
Penipuan Terhadap Pembantu Rumah Tangga Tinggalkan rumah dengan pembantu rumah tangga bukan berarti 100% aman. Pengecohan pembantu rumah tangga untuk merampok rumah pun sekarang sudah semakin marak. Modus yang dilakukan bisa beragam, seperti berpura-pura mengukur rumah, atau mengantar surat atau barang. Semua hal dilakukan agar perampok dapat masuk ke dalam rumah ketika pembantu rumah tangga lengah. Sebelum berangkat, jika memang kamu tidak memiliki janji atau pesanan yang akan dikirim ke rumah, pastikan pesan tersebut sampai pada pembantu rumah tangga. Adapun jika ada titipan yang diantar ke rumah, berikan keterangan jelas mengenai identitas pengirim dan barang yang dikirim. Terus lakukan komunikasi dengan pembantu dan tanya keadaan rumah secara rutin.
Perampok Bekerja Sama dengan Orang dalam  Pastikan orang yang akan tinggal sementara di rumahmu adalah orang terpercaya. Jangan sampai keputusanmu meninggalkan rumah menjadi senjata makan tuan. Tidak sedikit peristiwa perampokan terjadi karena adanya persekongkolan antara pembantu rumah tangga dengan perampok atau bahkan one man show dilakukan oleh pembantu itu sendiri. Biasanya mereka sudah merencanakan sebelumnya, sehingga modus ini dilakukan lebih strategis. Selektif dalam memilih pembantu rumah tangga sangat dianjurkan. Tidak percaya dengan orang lain bukan selalu buruk, tapi juga berarti waspada. Simpan barang-barang berhargamu di tempat yang aman, jika perlu simpan di tempat yang unik sehingga membingungkan perampok mencari. Kamu juga bisa meminta kerabat mengecek keadaan rumah sesekali dan melaporkannya.
Pencurian Kendaraan Bermotor  Tidak perlu masuk ke dalam rumah untuk dapat mengambil untung lewat kejahatan, bermodalkan kunci T saja, para perampok bisa ikut liburan dengan mobil kesayangan kamu. Untuk itu pastikan kamu menggunakan alarm mobil serta kunci mobil dengan baik (pintu dan setir). Jangan simpan benda-benda berharga di dalam mobil yang dapat memancing perhatian. Kalau perlu, kunci kemampuan mobil dengan menggunakan sakelar untuk mematikan starter yang dipasang di tempat yang hanya kamu yang tahu.   Baca juga artikel ini, dan kamu siap sambut tahun baru!