8 Perempuan Ini Paling Inspiratif, Lucu & Informatif di Twitter!

Agus Purwanto diperbarui 25 Jan 2013, 11:00 WIB
Penulis buku ‘Saman’ yang menceritakan kejahatan Orde Baru ini, menginspirasi masyarakat tidak hanya dari tulisannya dalam surat kabar. Ayu Utami dikenal memiliki akun Twitter berisikan kata-kata bijak yang layak diacungi jempol. Perempuan yang bergabung dengan Aliansi Jurnalis Independen ini, selalu menuliskan kalimat-kalimat cerdas, membuatmu berpikir dalam mengenai topik yang ia bahas lewat akun pribadinya. Pandangan-pandangan jelinya terhadap suatu permasalahan dalam lingkup nasional, dapat kamu ikuti juga melalui situs sosial ini.
Pembicara Konvensi Asian American Journalist Association, Jurnalis Metro TV terbaik 2006, juga masuk nominasi Asian Television Awards, Najwa Shihab membuktikan bahwa jurnalisme adalah bidang yang sangat ia kuasai. Kualitasnya juga ia tunjukkan di timeline Twitter pribadinya. Selain mengingatkan penonton agar tidak terlewat acara televisi yang ia pandu, Najwa juga sangat terbuka kepada pendapat orang lain. Menyediakan ruang jajak pendapat lewat Twitter mengenai masalah yang sedang marak terjadi seringkali dilakukannya. Analisis yang tajam juga ia tuangkan dalam situs sosialnya terkait dengan kabar yang sedang ‘panas’ dibicarakan. 
Selain ‘menikmati’ profesinya sebagai Financial Planner, ia juga gemar membagikan saran seputar bidang finansial di Twitter. Merasa perlu menginformasikan masyarakat perihal investasi, pendiri Quantum Magna Financial ini senang memberi konsultasi bagi mereka yang masih awam mengenai hal tersebut. Ia memanfaatkan akun pribadinya untuk memberi tips dan juga saran untuk mereka yang bertanya langsung kepadanya. Sosoknya yang inspiratif ini telah ikut ‘memeriahkan’ kelas inspiratif Metro TV lewat live tweet. Perempuan yang hobi berpergian ini, juga selalu update dalam memberi informasi kepada followersnya seputar tempat-tempat kunjungannya. Tak lupa dengan gambar dan kalimat deskriptif yang ia tuangkan melalui Twitter. Seperti live tweetnya mengenai suasana di Amerika Serikat, negara terakhir yang ia kunjungi.
Hobi traveling namun ingin punya budget yang sesuai? Claudia Kaunang pakarnya. Namanya yang tenar melalui buku ‘Rp 3 Juta Keliling Korea dalam 9 Hari’, semakin disenangi lewat kesempatan yang ia berikan kepada para followers untuk berpergian ke luar negeri bersama dirinya. Selain kuis, tips-tips untuk mempunyai budget traveling yang sesuai kantong, dapat kamu contoh melalui ‘tweet-tweetnya’. Pengalaman traveling, dan juga momen yang ia abadikan dengan jalan-jalan tersebut, selalu ia share kepada masyarakat lewat situs ini.
Kata siapa memakai jilbab tidak bisa bergaya? Desainer yang mempunyai nama lengkap Dian Wahyu Utami ini buktinya. Untuk menampik anggapan bahwa pemakai jilbab itu ‘kuno’ ataupun ‘tradisional’, Twitter ia jadikan ajang untuk menyebarluaskan tujuannya itu. Produk-produk Dian Pelangi, toko bertajuk fashion muslim miliknya, ia perkenalkan lewat situs tersebut. Pendiri ‘Hijabers Community’ ini juga gemar memberikan ide-ide street style ala hijabers yang dapat diikuti. Beberapa kata bijak berdasarkan pengalaman pribadi yang muncul di timelinenya, juga dapat kamu jadikan contoh. Dengan berpegang teguh pada imannya, agama dan ucap syukur pun tak ia lupakan dalam tweet-tweetnya.
Hal-hal yang bisa membuatmu tertawa tidak hanya ditemukan di televisi, Twitter pun dapat menjadi ‘sarang’ untuk lelucon-lelucon konyol. Pantaulah akun pribadi Miss Ciccone ini. Selain menghibur lewat profesinya sebagai penyiar OZ Radio, perempuan ini dapat menghibur para followers dengan ide-ide kreatifnya. Salah satu ide gilanya yang paling dikenal adalah Ciconne Awards, dimana ia membuat nominasi dan para pemenang berdasarkan analisis pribadi. Aktif dalam dunia blog juga aktif dalam dunia Twitter, ia selalu punya lelucon lucu yang membuat orang terhibur oleh tulisannya.
Blogger muda yang masih berusia 21 tahun ini, juga dikenal dengan ahli kecantikan dalam dunia maya. Harumi Sudradjat melihat Twitter sebagai potensi untuk menginformasikan para perempuan soal dunia kecantikan. Dengan membuat sebuah akun yang diberi nama @MyTipsCantik, tweet-tweetnya berisikan tips and trick dari cara mengoleskan bedak, hingga cara memasang bulu mata yang baik dan benar. Selain dikenal sering membalas tweet para followersnya, ia juga sangat dermawan. Dengan membuat ‘Birthday Months Giveaway’ setiap bulannya, ia memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan barang, potongan harga, dan juga voucher belanja untuk produk-produk kecantikan.