BRUSHES 101: Beda dan Fungsi 7 Kuas Makeup

Fimela Editor diperbarui 11 Mar 2013, 10:59 WIB
POWDER BRUSH – Bentuknya fluffly dan tebal dengan ujung melengkung. Fungsinya sebagai aplikator untuk memulaskan bedak merata ke seluruh wajah. Beberapa makeup artist menyarankan untuk menggunakan kuas dibandingkan spons untuk mengaplikasikan bedak lebih merata ke seluruh wajah. Dengan menggunakan kuas, hasilnya bukan hanya merata namun juga bisa diatur tingkat tipis dan tebalnya bedak tersebut. Selain untuk bedak, powder brush ini juga bisa digunakan untuk memulaskan blush on, cukup aplikasikan blush on ke apple of cheek dan baurkan searah tulang pipi.
CONTOUR BRUSH – Bentuknya fluffy dengan ujung meruncing diagonal seperti angle brush untuk makeup mata. Bedanya, kuas ini digunakan untuk membuat garis kontur di sepanjang tulang pipi. Ingat, kontur bukan dilakukan hanya pada tulang pipi, tapi juga bisa dilakukan pada garis dagu dan dahi. Oleh karena itu, kuas ini juga bisa diaplikasikan pada kedua bagian tersebut untuk membuat ilusi wajah yang terlihat lebih kecil—attention to those who have chubby cheeks. Cukup sapukan bronzer pada kuas ini, and voila! You have that contour face!
EYESHADOW BRUSH – Bentuknya agak pipih dengan ujung yang melengkung. Bisa dibilang kuas ini adalah kuas multi fungsi untuk memulaskan jenis eyeshadow apapun, both powder and cream. Mainkan kuas ini untuk pulasan eyeshadow di sepanjang kelopak mata. Untuk kamu yang suka mengolaborasikan dengan beberapa warna untuk makeup mata, kamu wajib punya kuas jenis ini lebih dari satu ya! Ini dilakukan agar kamu tidak perlu repot membersihkan kuas setiap selesai mengaplikasikan satu warna. Gunakan satu warna untuk satu kuas. 
BLENDING BRUSH – Bentuknya agak fluffy dengan ujung melengkung. Kuas ini digunakan untuk permainan beberapa warna eyeshadow pada kelopak mata. Jika untuk mengaplikasikannnya kamu menggunakan kuas eyeshadow biasa, nah blending brush ini digunakan untuk membaurkan warna-warna eyeshadow yang kamu gunakan agar hasil gradasi warnanya terlihat sempurna. This blending brush is also used to wipe out harsh lines. Blending can be a bit tricky karena dibutuhkan ketelitian khusus ketika melakukannya. 
ANGLE BRUSH – Bentuknya pipih dengan ujung yang meruncing diagonal. Fungsinya? Untuk membuat garis meruncing seperti gaya cat eyes pada makeup mata. Umumnya kuas ini biasa digunakan untuk memulaskan eyeliner berbentuk gel di atas garis bulu mata. Gunakan ujung kuas yang lebih tinggi untuk membuat garis meruncing pada sudut mata bagian luar. Selain untuk gel eyeliner, kuas ini juga biasa digunakan untuk membingkai alis lho! Bagian ujung yang meruncing digunakan untuk membuat sudut akhir pada alis. 
LIP BRUSH – Bentuknya tipis dengan ujung meruncing—namun tanpa bentuk diagonal seperti angle brush. Seperti namanya, lip brush ini digunakan untuk mengaplikasikan lipstik pada bibir. Perlu diakui, sepertinya lebih banyak orang yang menggunakan lipstik langsung dari tube-nya, namun untuk hasil yang lebih sempurna, lip brush jawabannya. Pertama-tama, gunakan lip brush untuk mengambil lipstik dari tube-nya dan mulai memulaskannya pada bibir. Dengan lip brush, hasil lipstik yang kamu dapatkan akan lebih presisi tanpa kesan ‘bleeding’ pada bibir.