BEAUTY 101: Yang Perlu Kamu Soal Laser Hair Removal

Fimela Editor diperbarui 18 Apr 2013, 13:30 WIB
Sesakit apa? Well, jangan bayangkan rasa sakit yang berlebihan ya! Umumnya, kulit akan diolesi gel khusus sebagai perantara panas dari alat yang digunakan. Selanjutnya kulit akan terasa hangat dan sesekali terasa sakit seperti dicubit kecil pada area tertentu. Perlu diketahui, tidak semua area kulit akan terasa sakit. Umumnya akan terasa sakit jika area tersebut dekat dengan tulang. Jika masih terasa nyeri, kamu bisa meminta es batu dan usapkan untuk mengurangi rasa nyeri. Trust us, if you can handle waxing, you can handle laser! Yes, waxing is way more painful.
Bagaimana proses pengerjaannya? Beda tempat, bisa jadi beda prosedur pengerjaanya, tapi tentunya dengan inti pengerjaan yang sama. Sebagai contoh di ZAP. Di sini proses treatment akan dimulai dengan mencukur terlebih dahulu daerah kulit yang ingin dihilangkan bulunya. Cukurnya juga hanya menggunakan alat cukur biasa. Kemudian akan dioleskan gel khusus sebagai perantara alat dengan kulit. Selanjutnya akan dilakukan penyinaran di atas area kulit yang diinginkan. Dan mulailah proses penyinaran ala laser hair removal ini. Setelah proses ini, pelanggan pun bisa langsung beraktivitas. Isn’t it cool?
Apakah hasilnya permanen? Iya, akan jadi permanen dengan langkah-langkah yang sesuai prosedur. Perlu diketahui, bahwa kamu membutuhkan hingga 8 kali treatment untuk bulu hilang permanen sampai 80% dari kulit. Sebenarnya bulu yang tidak tumbuh lagi ini disebabkan karena folikel yang telah dirusak oleh si laser tersebut. Namun ada kasus-kasus tertentu yang bisa memengaruhi si bulu masih muncul, di antaranya adalah karena faktor umur dan faktor hormon—for example, just having a baby.
Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan treatment?(1) Jangan mencabut bulu, melakukan waxing, dan menggunakan krim perontok apapun 2 minggu sebelum melakukan treatment. Disarankan juga tidak melakukan waxing setelahnya.(2) Hindari paparan sinar matahari langsung dan disarankan tidak melakukan tanning selama 2 minggu sebelum treatment. You definitely don’t want to get that skin discoloration risk. (3) Bersihkan area yang ingin dihilangkan bulunya dari segala produk kecantikan yang masih menempel, seperti deodorant ataupun lotion.
Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Bervariasi. Tergantung tempat dan area yang ingin dihilangkan bulunya. Let’s talk about the price for a few body parts. Untuk ketiak, harga bisa berkisar mulai dari Rp150.000 – Rp250.000. Selanjutnya bagian kaki bawah yang berkisar mulai dari Rp800.000 – Rp950.000. Kemudian, ada bikini line yang dipatok harga sekitar Rp300.000. Perlu diingat bahwa semua kisaran harga tersebut hanya untuk satu kali treatment dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, tentunya kamu harus melakukan hingga 8 kali treatment, tergantung dari kondisi kulit masing-masing orang.
Nah, sudah tahu kan soal laser hair removal? Metode ini memang cukup direkomendasikan karena rasa sakit yang tidak berlebihan dibandingkan waxing. Konsultasikan kondisi kulitmu sebelum melakukan treatment ini ya! Worth it? If you have more money, yes.  Place to try: ZAP, Jl. Wolter Monginsidi No. 14E, Kebayoran Baru Jakarta Selatan (021-7206333)Click House, Jl. Gunawarman no. 75, Jakarta Selatan (021-98500090)