Benang Merah: Harmonisasi Masa Lalu dalam 100 Tampilan Spring/Summer 2017 BiYan

Ajeng Indria Dwi Utami diperbarui 08 Jun 2016, 12:29 WIB

Jakarta Benang Merah merupakan judul dari koleksi Spring/Summer 2017 yang kental dengan sentuhan merah, berpadu tekstur dan kontras warna yang lebih berani dari koleksi Biyan sebelumnya. Menegaskan kata-kata sang desainer saat konferensi pers yang digelar beberapa jam sebelum show; "I want to do colors."

"Saya telah berkecimpung (di dunia fashion) bertahun lamanya. Setiap melihat apa yang telah saya lakukan, saya coba buat, jadi terpikir untuk mengumpulkan kembali semua yang terekam dari perjalanan hidup dan karya selama ini," ungkap Biyan tentang 'Benang Merah'.

Inspirasinya datang dari berbagai hal yang terekam secara pribadi oleh desainer lulusan The London College of Fashion, Inggris ini. "Yang baik dan buruk, tempat-tempat, kenangan, mimpi indah dan buruk, semuanya memiliki harmoni, termasuk archive koleksi lama yang setelah saya buka kembali ternyata ada sisi lain yang bisa ditangkap," lanjut Biyan.

Detil dan craftsmanship yang menjadi kekuatan Biyan masih menguasai tampilan. Permainan biji gelas dan kristal, batu mineral, mutiara air tawar, carved bones sampai Swarovski dan pita renda; tertata cantik dalam paduan yang rumit terjalin pada setiap helaian gaun, kaftan, coat sampai atasan. Gabungan ragam bahan dari yang mewah seperti lamé jacquard dan renda; dengan basics seperti denim dan linen menghasilkan harmonisasi nan kontras.

'Panggung' show yang juga kental dengan nuansa warna merah dari pencahayaan sampai pilar dan lantai yang semua serba senada, seperti menegaskan secara harafiah, konsep dari koleksi ini. Sempat tercetus dalam benak, apakah bisa mendapatkan foto yang bagus dari latar ini. Toh pada akhirnya, outfit demi outfit keluar dengan luwesnya, mengalir dan menjadi fokus utama. Dan bisa diabadikan melalui kamera smartphone untuk social media dan kamera profesional untuk peliputan.

"Keseluruhan koleksi semua dirancang untuk kebutuhan perempuan. Yang bisa tampil cantik tanpa tersiksa. Bisa dikenakan oleh perempuan moderen dalam berbagai kesempatan," tambah Biyan. Selaras dengan konsep dari IOMA Paris, bespoke skincare brand yang menjadi pendukung utama dari koleksi kali ini.

Perempuan Biyan memang sudah terbaca. Terlihat dari deretan tamu yang kebanyakan merupakan penggemar Biyan selama bertahun-tahun, dari berbagai golongan usia. Moderen dan praktis, stylish dengan statement items yang tegas.

Tak mudah untuk bertahan dan selalu menampilkan yang terbaik dari tahun ke tahun. Sejauh ini, Biyan sanggup mempertahankan posisinya sebagai salah satu desainer kenamaan Indonesia. Satu kalimat yang terngiang dari sang maestro, "You have to do it with passion. You can do anything as long as you have the passion."

...........
...
..