Karakter-Karakter Shakespeare Hidup Kembali di Koleksi Couture Valentino

Jessica diperbarui 20 Jul 2016, 09:00 WIB

Empat ratus tahun, 1616, William Shakespeare, sang puitisi dan pengarang jenius meninggal dunia. Ia meninggalkan karakter-karakter pada novel yang yang hingga saat ini masih dihargai, tak jarang dijadikan cerita sebuah film.  Bahkan industri fashion juga kerap mengambil inspirasi dari karakter tersebut. Yang paling terkenal adalah Juliet dari cerita “Romeo and Juliet” dan Portia dari “The Merchant of Venice”.

Valentino, dalam rangka memperingati 400 tahun meninggalnya Shakespeare, mengambil tema Elizabethan untuk koleksi Fall 2016 Couture. Kerah berpotongan tinggi yang dahulu menjadi gaya busana perempuan kelas atas menjadi representasi tema yang paling dominan. Gaun-gaun panjang bermodel feminin untuk waktu ini juga diberi sedikit sentuhan misterius lewat paduan warna hitam. Tak lupa warna emas ditambahkan untuk kesan Elizabethan yang kental.

Siluet boxy pada lengan dan cape yang menjuntai di bahu menjadi aksen. Satu hal yang menarik, bukan hanya karakter Shakespeare yang lembut yang terlihat di runway. Layaknya Juliet yang mungkin sedang berkelana, gaya Elizabethan dengan setelan celana juga begitu kuat dipresentasikan. Koleksi ini juga menjadi koleksi terakhir bagi Maria Grazia Chiuri sebelum hengkang ke rumah mode Dior musim depan. Sebuah karya akhir yang begitu indah bersama rekannya Pierpaolo Piccioli yang masih harus memimpin Valentino seterusnya. Good luck to both of them!