Batik Gaya Modern, Muda dan Etnik Dari 'Sejauh Mata Memandang'

Jessica diperbarui 04 Okt 2016, 22:00 WIB

Sabtu malam kemarin menjadi agenda bagi Chitra Subiyakto memamerkan koleksi terbaru Sejauh Mata Memandang pada pagelaran Batik Fashion Week 2016. Plaza Indonesia malam itu dipadati oleh deretan tamu pecinta kain batik. Pada show Sejauh Mata Memandang, deretan tamu  didominasi oleh generasi muda.  Mereka tak sabar menanti seperti apa penafsiran Chitra Subiyakto dalam mengolah batik ciptaannya sendiri di koleksi terbaru.

Mengusung motif ayam pada mangkok bakmi di koleksi debut, kali ini Chitra Subiyakto makin handal dalam mengolah motifnya menjadi lebih moderen. Motif masa kini yang dibuat dengan teknik membatik tradisional. Dilukis di atas bahan berpalet hitam dan biru dongker. Guratan-guratan grafis yang cantik membentang indah mengikuti potongan bergaya loose serta bernuansa Jepang dengan hiasan obi.

Beberapa gaya dibiarkan mengikuti cara memakai kain yang dilakukan oleh nenek moyang namun diberi aksen simpul pada bagian depan. Kunci  untuk membuat batik nampak lebih kekinian adalah dengan mengeksplor sendiri cara mengikat kain tersebut dan memadukannya dengan item tak terduga. T-shirt, denim, dan outerwear bergaya boxy bisa menjadi pertimbangan. 

Foto: @ade_oyot

What's On Fimela