Cerita Tradisi 18 Artis Indonesia saat Merayakan Hari Lebaran

Rizky Mulyani diperbarui 15 Jun 2018, 10:00 WIB
Mona Ratuliu, di lebaran tahun 2018 ini melewatinya dengan keluarga besar. Terlihat di akun Instagramnya, Mona sudah berada di kampung halaman bersama suami dan anak-anaknya beserta saudaranya. (Instagram/monartauli)
Begitu juga keluarga Anang Hermansyah, seperti tahun-tahun sebelumnya, tradisi mudik sudah menjadi kebiasaannya. Terlihat ia berada di Malang dan menikmati kebersamaannya dengan keluarga besar. (Instagram/ananghijau)
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, seperti biasanya juga melakukan mudik ke kampung halamannya di Bandung. Selain berkumpul bersama dengan keluarga besar, Raffi pun juga akan berlibur bareng keluarganya. (Instagram/raffinagita1717)
Tarra Budiman dan Gya Sadiqah, sama seperti Raffi Ahmad juga mudik ke Bandung. Lantaran Gya merupakan keluarga besar Raffi, maka tradisi lebaran yang dilakukannya hampir sama. Kumpul keluarga dan makan masakan khas Pakistan. (Instagram/tarrabudiman)
Nia Ramadhani, bukan mudik, namun yang menjadi tradisi di keluarganya saat lebaran adalah memakai busana kembar satu keluarga. Seperti yang ada di foto ini, Nia dan putri sulungnya mengenakan busana putih. (Instagram/ramadhaniabakrie)
Begitu juga dengan Krisdayanti, memiliki tradisi memakai busana yang seragam, di lebaran tahun ini KD dan keluarganya merayakannya di Bali. (Instagram/krisdayantilemos)
Olla Ramlan yang masih dirundung duka bercerita tradisi sungkeman di keluarganya saat lebaran. Dan kini setelah kepergian sang ayah, tradisinya bertambah dengan berziarah ke makam ayahandanya. (Instagraam/ollaramlanaufar)
Zaskia Sungkar, yang menjadi salah satu tradisinya adalah hadirnya jenis makanan khas Betawi hingga Arab yang selalu mewarnai hari Raya Idul Fitrinya setiap tahun. (Instagram/zaskiasungkar15)
Kalau biasanya saat lebaran Kartika Putri disibukan dengan bekerja, di tahun ini Kartika Putri yang sudah berhijrah merayakan hari raya Idul Fitrinya di kota Mekkah. (Instagram/kartikaputriworld)
Setiap lebaran, biasanya Nikita Willy selalu open house di kediamannya di kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Jawa Barat. Namun di tahun ini, ia akan berkumpul dengan keluarga besarnya di rumah sang tante di Sentul, Jawa Barat. (Instagram/nikitawillyofficial)
Seperti kebanyakan orang, Zaskia Adya Mecca juga punya tradisi kumpul keluarga besar dengan berbusana kompak berwarna putih. Selain itu, mereka juga melakukan sesi foto bersama. (Instagram/zaskiaadyamecca)
Tidak sekedar kumpul keluarga dan menyantap makanan khas Lebaran, namun keluarga besar Prilly Latuconsina juga memiliki tradisi bernyanyi bersama yang diiringi dengan musik organ tunggal. (Instagram/prillylatuconsina96)
Tidak punya tradisi khusus, namun Nikita Mirzani bercerita bahwa setiap tahun saat lebaran dirinya hanya kumpul dengan sang adik. Namun pastinya ia berziarah ke makam ayandan dan nenek tercintaanya. (Instagram/nikitamirzanimawardi_17)
Chacha Frederica, kini juga sudah berhijrah. Bicara soal tradisi, saat kumpul dengan keluarga besarnya, ada tradisi yang namanya sungkeman kepada para orang tua. (Instagram/chafrederica)
Sudah pasti kumpul keluarga, namun tradisi lebaran Vanessa Angel adalah membagikan amplop yang berisi uang sebesar Rp 500 hingga Rp 1 Juta. Tergantung keberuntungan yang dimiliki oleh si penerima amplop. (Instagram/vanessaangelofficial)
Sudah menjadi kebiasaan, Raline Shah setiap tahunnya selalu menjadi alarm adik-adiknya untuk membangunkan shalat Idul Fitri. Tujuannya, agar mereka tidak terlambat menjalankan ibadah tahunan tersebut. (Instagram/ralineshah)
Lebaran di tahun ini, Faank Band Wali berada di Jakarta pada hari pertama, dan keesokan harinya ia mudik ke Sukabumi untuk berkunjung ke rumah keluarganya, dan ini sudah menjadi tradisinya setiap lebaran. (Instagram/bandwaliofficial)