18 Artis Terjun Politik

Sutikno diperbarui 29 Jun 2018, 08:53 WIB
Penyanyi dan pemeran Nafa Urbach juga ikut meramaikan artis yang terjun politik tahun ini. Mantan istri Zack Lee itu bergabung dengan Partai Nasdem. Meski demikian, ia mengaku tak akan meninggalkan dunia hiburan yang membesarkan namanya. (Instagram)
Artis yang mengawali kariernya dari dunia modeling, Manohara juga ikut meramaikan artis yang terjun ke dunia politik. Mantan istri putra ketiga Sultan Kelantan Malaysia ini lama tak terdengar. Ia terlihat bergabung dengan Partai Nasdem. (Instagram)
Selain Nafa Urbach dan Manohara, artis yang juga bergabung dengan Partai Nasdem adalah Bertrand Antolin. Ia menjadi salah satu bakal calon legislatif untuk daerah Jawa Tengah. (Instagram)
Vokalis Nidji rela meninggalkan band yang membesarkan namanya. Ia memutuskan menekuni dunia politik. Ia menjadi calon legislatif pada Pemilu Legislatif 2019 lewat Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Instagram)
Vokalis Andika Kangen Band juga tertarik dengan dunia politik. Awalnya, ia mengaku hanya ikut-ikut membantu kakaknya yang lebih dulu. Ia mengaku sebagai Wakil Ketua Bidang Seni dan Budaya di DPD Kota Lampung. (Instagram)
Setelah mendapatan restu dari suaminya, Jane Shalimar juga ikut terjun ke dunia politik. Jane mengawali karier politiknya dengan mendaftar untuk calon di DPRD. Ia masuk di Partai Demokrat. (Instagram)
Artis kontroversial Vicky Prasetyo ingin maju menjadi calon legislatif untuk daerah pemilihan Jakarta pada Pileg 2019 mendatang. Sebelumnya, ia ingin menjadi Wali Kota Bekasi. (Instagram)
Artis Hengky Kurniawan baru saja melakoni karier politiknya. Ia bersama Aa Umbara Sutisna mencalonkan menjadi Calon Wakil Bupati Bandung Barat pada Pilkada serentak 2018. Ia berhasil lolos dalam hitungan cepat. (Instagram)
Penyanyi yang juga suami dari Arumi Bachin juga berhasil menang dalam Pilkada serentak tahun 2018. Setelah sebelumnya menjadi Bupati Trenggalek, ia mendaftar menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Khofifah Indar Parawansa. (Instagram)
Masih dalam Pilkada serentak tahun ini, artis senior Inggrid Kansil juga mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Bogor. Ia mendampingi Ade Ruhendi. Dalam hitungan sementara, ia kalah tipis dengan pasangan Ade Yain dan H. Iwan. (Instagram)
Yang juga kalah dalam hitungan cepat pada Pilkada Serentak tahun ini adalah Deddy Mizwar. Deddy yang mencalonkan dalam Pilgub Jabar mendapatkan posisi terbanyak ketiga dari empat calon. (Instagram)
Artis senior yang sejak lama berkecimpung di dunia politik, Nurul Arifin juga ikut maju dalam pemilihan Wali Kota Bandung. Politisi Golkar itu berpasangan dengan Chairul Yaqien Hidayat dari Demokrat. Bersama pasangannya, ia mendapatkan suara terbawah. (Instagram)
Penyanyi dangdut Vicky Shu juga salah satu artis yang terlibat dalam partai politik. Pelantun lagu Mari Bercinta 2 itu bergabung dengan Partai Demokrat dan menjadi pengurus di bagian Departemen Budaya dan Pariwisata. (Instagram)
Selain Vicky Shu yang menjadi salah satu pengurus partai, artis senior Dina Lorenza juga terlibat dalam pengurusan partai. Ia bergabung dengan partai bentukan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (Instagram)
Musisi senior Ahmad Dhani juga menjadi salah satu artis yang mulai fokus ke dunia politik. Beberapa kali ia terlibat bersama dengan partai Gerindra bentukan Prabowo Subianto. Meski banyak yang menyayangkan terjun ke politik. (Instagram)
Sebelumnya, beberapa artis telah duduk di kursi pemerintahan. Diantaranya ada Pasha Unggu. Pasha mulai menjabat sejak 17 Februari 2016 melalui Partai Amanat Nasional. (Instagram)
Sebelum Pasha, artis yang duduk sebagai kepala daerah ada nama Zumi Zola. Bintang film Disini Ada Setan itu mengawali sebagai Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016. Sebelum tertangkap KPK, ia menjabat sebagai Gubernur Jambi kedelapan. (Instagram)