Hari Kartini, Begini Cara Artika Sari Devi Kenalkan Emansipasi Wanita pada Anak

Rizky Mulyani diperbarui 21 Apr 2019, 11:00 WIB
Meskipun sang anak masih terbilang kecil, namun Artika sudah mulai mengenalkan soal emansipasi wanita yang telah diperjuangkan R.A Kartini pada masa itu. (Instagram/artikasaridevi)
"Mereka (anak-anak) sangat tau siapa itu, terutama kakaknya yang umur 9 tahun. Siapa itu Raden Ajeng Kartini, apa perjuangannya, dan tokoh-tokoh perempuan lainnya," ujar Artika Sari Devi di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/2019). (Instagram/artikasaridevi)
Bukan hanya mengenalkan sosok Kartini, namun Puteri Indonesia tahun 2004 itu lebih menanamkan nilai-nilai pemikirannya dan diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. (Instagram/artikasaridevi)
Menurut Artika Sari Devi, memang sebaiknya sejak kecil sang anak sudah diajarkan soal kesetaraan gender, cara mencintai dan menghargai diri sendiri. (Instagram/artikasaridevi)
"Sedini mungkin, mereka harus punya self love sama diri sendiri. Bentuk penghargaan diri sendiri tuh harus dipupuk dari sekarang supaya dia merasa dirinya berharga,” ungkap Artika Sari Devi. (Instagram/artikasaridevi)
“Ketika ada sesuatu atau ada orang lain yang melecehkan dia, merendahkan dia, dia nggak tinggal diam, dia tau apa yang terjadi dan sikap apa yang harus dia ambil," lanjutnya menuturkan. (Instagram/artikasaridevi)
Sebagai ibu, Artika Sari Devi pun mengajarkan kepada dua buah hatinya, Sarah Ebiela Ibrahim dan Dayana Zoelie Ibrahim, untuk selalu berani dan yakin terhadap apapun pilihan hidup yang dijalani. (Instagram/artikasaridevi)