Proses Pemakaman BJ Habibie Diiringi Doa dan Cinta

Rizky Mulyani diperbarui 12 Sep 2019, 17:38 WIB
Pukul 13.30 WIB, jenazah Habibie diserahkan pihak keluarga ke negara untuk disemayamkan. Sebagai perwakilan negara, Presiden Joko Widodo menerima langsung jenazah Presiden ke-3 Indonesia saat tiba di komplek pemakaman. (Bambang E.Ros/Fimela.com)
Lafaz doa dan tahlil para pelayat mengiringi peti jenazah Habibie yang dibalut kain merah putih dibawa menuju ke liang lahat. Tak lama, prosesi pemakaman pun dimulai saat Presiden Jokowi berada di posisinya. (Bambang E.Ros/Fimela.com)
"Saya Presiden Republik Indonesia atas nama Negara, Bangsa dan TNI dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa, raga dan jasa-jasa almarhum," ucap Joko Widodo sebagai inspektur upacara. (Bambang E.Ros/Fimela.com)
Setelah membacakan apel persada, prosesi pemakaman secara militer pun berlangsung. Diawali dengan tembakan ke udara, proses pemakaman Bapak Teknologi Nasional pun berlangsung khidmat. (Bambang E.Ros/Fimela.com)
Suasana semakin hening ketika lantunan lagu Gugur Bunga terdengar. Sejumlah tokoh dari berbagai lapisan masyarakat tampak hadir melepas kepergian BJ Habibie untuk selamanya. (Bambang E.Ros/Fimela.com)
Mulai dari rakyat biasa, politikus hingga selebriti hadir di pemakaman Habibie. Reza Rahadian, Chelsea Island an sutradara Hanung Bramantyo tampak berada di sekitar pusara BJ Habibie. (Bambang E.Ros/Fimela.com)
Menemui Ainun di keabadian, BJ Habibie tutup usia pada Rabu (11/9/2019) di RSPAD Gatot Soebroto. Habibie pergi untuk selamanya meninggalkan dua orang putranya, Iham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie. (Bambang E.Ros/Fimela.com)