Perjuangan Qory Sandioriva Lawan Penyakit Autoimun Selama 12 Tahun

Sutikno diperbarui 01 Okt 2019, 11:00 WIB
Ditemui belum lama ini, Puteri Indonesia 2009 yang mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2010 itu menceritakan pengalamannya berjuang untuk menyembuhkan penyakit tersebut. (Instagram/Qory Sandioriva)
"Iya betul saya mengidap autoimun, jenisnya lupus. Itu sejak 12 tahun lalu sebelum Puteri Indonesia. Sayangnya indikasinya di Indonesia belum ada. Baru ketahuan di usia 23 setelah melahirkan.Gejalanya itu sakit kepala hebat,kulit perih, persendian linu, kesemutan, nyeri di kulit dan tulang," ujarnya
Demi kesembuhan penyakitnya, pemeran dalam film Dancing in the Rain itu sempat menjalani perawatan di Singapura. Tapi sayang, kondisinya tak juga membaik. (Instagram/Qory Sandioriva)
Mantan istri Raymon Y Tungka itu lantas menemukan dokter yang cocok di Indonesia, yakni dr. Christopher Damianus, Sp.KK yang merupakan owner Kusuma Beauty Clinic. (Instagram/Qory Sandioriva)
"Pertama kali aku melakukan untuk autoimun udah ke Singapura dan Penang dan belum ada perubahan. Akhirnya saya menemukan dokter di Jakarta, ada sedikit berubah. Saya juga ketemu sama Dokter Christo di sini, dia kasih masukan untuk kulit dan rambut," sambung Qory. (Instagram/Qory Sandioriva)
Tidak memungkiri, saat mengetahui penyakitnya ia sempat merasakan terpuruk. Begitu juga saat mewakili Indonesia ke Miss Universe. Dari situlah ia mulai bangkit dan tidak ingin mengecewakan siapapun. (Instagram/Qory Sandioriva)
"Saya mewakili Indonesia saat itu, jadi apapun alasannya saya harus tampil total. Saya pun nggak menyangka bisa tampil di Miss Universe, padahal saya dirawat sebulan sebelum Miss Universe." ujar Qory Sandioriva. (Instagram/Qory Sandioriva)