Dampak Covid-19, Reza Rahadian Mendata Ulang Pengeluarannya

Sutikno diperbarui 29 Apr 2020, 06:53 WIB
Aktor kelahiran Bogor 33 tahun itu menyambut baik, langkah pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 hingga pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) di sejumlah daerah. (Daniel Kampua/Fimela.com)
Dengan demikian, banyak pekerja seni yang juga harus dipikirkan. Terlebih, tidak ada istilah work from home atau kerja dari rumah bagi pekerja seni. (Daniel Kampua/Fimela.com)
"Bagaimana mau work from home? Mau seorang penulis skenario pun, mau seproduktif apapun menulis skenario di rumah, mungkin bisa. Tapi apakah skenario itu akan dieksekusi rumah produksi? Itu lain lagi ceritanya," kata Reza Rahadian dilansir dari Liputan6. (Daniel Kampua/Fimela.com)
Faktanya, saat ini rumah produksi menghentikan proses syuting. Jaringan bioskop tutup sampai batas yang tidak bisa ditentukan. Mungkin skenario dibuat untuk ditayangkan di medium nonbioskop, tapi syuting tidak diizinkan. (Bambang E. Ros/Fimela.com)
Sebagai pekerja seni yang tidak memiliki penghasilan tetap, ia dan pekerja seni lain mulai mendata ulang untuk pengeluaran. Dengan tidak adanya pemasukan, akan mengeluarkan sesuai dengan yang penting-penting saja. (Adrian Putra/Fimela.com)
"Semua orang lagi mengutak-atik bagaimana menyikapi dengan bijaksana finansial masing-masing termasuk saya. Saya mendata ulang pengeluaran apa yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang enggak perlu. Prioritasnya akan ke mana," aku Reza Rahadian. (Adrian Putra/Fimela.com)
Mengingat pandemi yang tidak ketahuan berhenti sampai kapan, Reza Rahadian juga memutar otak untuk bisa mendapatkan pemasukan lain di luar pekerjaan seni. (Adrian Putra/Fimela.com)

Tag Terkait