Scorpions dan Magisnya Angin Perubahan dari Jogjarockarta 2020

Ruben SilitongaSutikno diperbarui 05 Mar 2020, 07:53 WIB
Going Out With A Bang menjadi lagu pembuka dari grup yang beranggotakan Klaus Meine (vokal), Rudolf Schenker (gitar), Matthias Jabs (gitar), Pawel Maciwoda (bass), dan Mikkey Dee (drum). (Bambang E Ros/Fimela.com)
Ribuan metalhead sontak berteriak sambil sing a long setelah menunggu dari sore hari, kala Kelompok Penerbang Roket, Navicula, God Bless, The Hu, Powerslave, dan Whitesnake tampil berurutan di atas panggung megah Jogjarockarta 2020. (Bambang E Ros/Fimela.com)
“Selamat malam Yogyakarta, apa kabar?” kata Klaus Meine yang tampil atraktif meski beberapa waktu lalu baru mengalami tindakan medis, berupa operasi batu ginjal. (Bambang E Ros/Fimela.com)
Angin perubahan dari Lagu Wind of Change mampu menghipnotis sekitar 17.500 penonton. Daya magis lagu ini sudah dimulai sesaat setelah Klaus Meine bersiul mengawali intro lagu, dan karaoke masal pun bergemuruh di dalam Stadion Kridosono. (Bambang E Ros/Fimela.com)
Lagu Wind of Change merupakan lagu fenomenal yang bercerita tentang perubahan peta politik di Eropa Timur, terutama di Rusia (Uni Soviet). Lagu ini sendiri dirilis tahun 1990 dalam album Crazy World, album paling sukses dari Scorpions. (Bambang E Ros/Fimela.com)
“Terima kasih Yogyakarta, terima kasih Indonesia,” sapa Klaus Meine berulang-ulang sambil melemparkan dan membagikan stik drum kepada penonton di bibir panggung megah Jogjarockarta 2020, dengan lidah panggung sepanjang 9 meter ini. (Bambang E Ros/Fimela.com)
Di tengah isu global virus corona, Rajawali Indonesia selaku promotor Jogjarockarta Festival #4 2020 justru berhasil mendatangkan artis internasional dalam skala event internasional yang berimbas positif terhadap kunjungan pariwisata. (Bambang E Ros/Fimela.com)
Usai lagu Big City Nights dibawakan, Klaus Meine dan kawan-kawan pergi meninggalkan panggung. Teriakan “We want more, we want more,” membahana dari barisan penonton, saat lampu-lampu panggung mulai dipadamkan. (Bambang E Ros/Fimela.com)
Still Loving You, dan lagu kebesaran mereka, Rock You Like a Hurricane menjadi akhir yang indah dari total sebanyak 15 lagu yang dibawakan grup Scorpions. Menghidupkan kembali kenangan para penonton ke era 1980-1990-an. (Bambang E Ros/Fimela.com)