Potret Andien Aisyah Melahirkan dengan Metode Water Birth

Ruben SilitongaSutikno diperbarui 19 Mei 2020, 17:38 WIB
Meski tidak masuk dalam kolam yang berisi air, sang suami terus mendampingi istrinya sebagai bentuk memberikan dukungannya. Proses melahirkan di dalam air ini terjadi secara alami. Selain mempermudah proses persalinan, juga meredam rasa sakit saat kontraksi.(Instagram/andienaisyah)
Kalau anak pertama sang suami, Irfan Wahyudi atau dikenal Ippe ikut masuk dalam kolam air untuk menangkap anaknya, sedangkan pada anak kedua, yang lahir pada Sabtu, 1 Mei 2020 malam di tangkap sendiri oleh Andien. (Instagram/andienaisyah)
Bayi mungil itu akhirnya lahir pada pukul 22.28 WIB atau setelah tiga jam proses persalinan. Pasangan ini memberinama anaknya, Anaku Tarisma Jingga. Lahir dengan berat 3,7 kg dan panjang 51 cm di rumah dibantu bidan. (Instagram/andienaisyah)
Melalui akun instagramnya, andienaisyah sehari setelah melahirkan, Andien menceritakan proses persalinan yang tidak di sangka-sangka, tidak banyak persiapan dan terlebih dulu memompa kolam untuk di isi air. (Instagram/andienaisyah)
"Ego tadinya ngotot tetap mau kerja bikin rekaman sambil disela-sela kontraksi, tetap saja tubuh yang memegang kendali. Semua tersingkirkan, kecuali kebutuhan untuk bersalin." Tulis andienaisyah. (Instagram/andienaisyah)
Andien ingin banyak cerita saat proses melahirkan. Namun, karena kondisinya, ia akan membagikan cerita melalui vlognya saat kondisinya sudah baik. (Instagram/andienaisyah)
"Mulai dari kontraksi yang mendadak sampe buru-buru mompa kolam. Mulai dari tenun alor sampe anak kecil yang bawa gitar buat menyambut adeknya. Mungkin nanti aja ya di vlog. Ngumpulin kekuatan buat shootingnya dulu nih," lanjutnya lagi. (Instagram/andienaisyah)
Potret kebahagiaan Andien Aisyah dan Ippe menyambut anggota baru keluarganya. Kelahiran anak kedua ini juga sesuai dengan tebakan dari anak pertamanya yang ngotot lahir pada Mei. Sedangkan menurut perkiraan lahir pada April. (Instagram/andienaisyah)