Sebelum Jadi Penyanyi, Sarwendah Sempat Jadi Pelayan Resto dan Asisten Guru

Ruben SilitongaSutikno diperbarui 06 Jun 2020, 07:00 WIB
Nama Wendah mulai dikenala setelah bergabung dengan Cherrybelle. Saat itu, ia baru kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan pendidikannya di luar negeri. Penampilan perempuan kelahiran Jakarta 30 tahun itu kerap menarik perhatian publik karena kesederhanaannya. (Instagram/sarwendah29)
Dalam sebuah perbicangan di kanal Youtube Perspektif Metro TV Selasa (10/3) silam, Wendah sejak SMP melanjutkan pendidikan di luar negeri. Negara tempatnya menimba ilmu itu dipilih lantaran ada saudara di negara tersebut. Sedangkan di Malaysia ada Papinya. (Instagram/sarwendah29)
"Aku dulu kan kuliahnya sastra Mandarin. Di Beijing. Jadi aku SMP itu di Malaysia, SMA di Taiwan, Kuliahnya di Beijing," ujar penyanyi tiga anak ini dilansir dari Kapanlagi. (Instagram/sarwendah29)
Sejak SMP, pemeran dalam film Kembang Kantil itu selalu mendapatkan ranking. Berkat prestasinya tersebut, sejak SMA, ia mendapat beasiswa di sekolah. Berkat kecerdasaannya tersebut, hampir semua guru menjadikan Wendah sebagai asisten. (Instagram/sarwendah29)
"Sampai di Taiwan tuh ada guru yang deket banget sama aku. Jadi aku tuh, misal sekolah ada asisten dosen, asisten guru lah. Rata-rata guru asistennya aku semua," kata Sarwendah. (Instagram/sarwendah29)
Meski belajar dan menjadi asisten guru, Wendah rupanya masih ingin merasakan pekerjaan lain. Mantan member CherryBelle itu bekerja sebagai waiters atau pelayan resto. (Instagram/sarwendah29)
"Aku malah kayak gitu masih ada kerja part time. Jadi waiters di Malaysia di Taiwan juga. Aku kerja jadi waiters terus nambah duit jajan sendiri, sebenarnya senang-senang aja. (uangnya untuk) Jalan-jalan, makan," kata Sarwendah. (Instagram/sarwendah29)
Selesai kuliah, Sarwendah kembali ke Indonesia. Sempat bekerja secara freelance sebagai translator dan guru les Mandarin. Sebelumnya, Wendah bercita-cita sebagai desain interior dan model. Gabung Cherrybelle hanya mengantar teman audisi. Hingga kini, ia masih tetap menjadi penyanyi mandarin.