Anak Usia 15 Hari Sudah Disunat, Ini Penjelasan Zaskia Adya Mecca

Ruben SilitongaSutikno diperbarui 21 Jul 2020, 11:00 WIB
Melalui akun instagramnya yang sudah terverifikasi @zaskiadyamecca, Zaskia membagikan moment saat anak kelimanya baru saja di sunat. Tepat usianya Kama 15 hari. (Instagram/zaskiadyamecca)
Dengan banyaknya pertanyaan, ia lantas menjelaskan panjang melalui akun instagramnya. Pertama, dengan khitan saat usia dini, akan mengurangi resiko Infeksi Saluran Kemih atau ISK. (Instagram/zaskiadyamecca)
"Pertama dengan sunat anak sedini mungkin bisa mengurangi resiko ISK, bersihin dudu nya anak laki-laki ga sesimpel anak perempuan, kalo belum disunat.. kita harus tarik kulup kebelakang untuk menghindari penumpukan kotoran..," tulis zaskiadyamecca. (Instagram/zaskiadyamecca)
Selain itu, dengan mengkhitankan atau sunat usia dini, proses penyembuhan juga akan lebih cepat dibanding saat usianya sudah di atas 6 bulan. (Instagram/zaskiadyamecca)
"Kedua sunat bayi recovery akan lebih cepat (1,5hari) luka kering, less trauma dan hanya bius lokal.. makin kecil si anak makin mudah karena gerakan bayi baru lahir mostly terlentang dan tidur aja..." lanjutnya. (Instagram/zaskiadyamecca)
Sedangkan yang ketiga, sebelum khitan anak kelimanya yang masih kecil, istri sutradara Hanung Bramantyo itu juga terlebih dulu konsultasi dengan dokter anak dan dokter bedah. (Instagram/zaskiadyamecca)
Zaskia Adya Mecca memilih proses sunat saat anaknya masih kecil lantaran berkaca pada dua anak sebelumnya. Kaba yang hingga kini belum juga sunat dan Bhre sunat saat usia tiga hari. Berkaca dari dua anak laki-lakinya tersebut, Zaskia lantas memilih sunat usia dini. (Instagram/zaskiadyamecca)