Pita Suara Bermasalah, Judika Ceritakan Kondisinya

Ruben SilitongaRizky Mulyani diperbarui 24 Jul 2020, 20:38 WIB
Sebelum Judika, penyanyi Ari Lasso pernah mengalami hal serupa. Lewat tayangan Youtube Channel Daniel Mananta, Judika menceritakan kondisinya saat mengalami masalah di pita suara sampai keluar darah saat berdahak. (Instagram/jud1ka)
"Menyeramkan. Gue sempet dengar Ari Lasso hampir setahun ia punya masalah dengan pita suaranya, sampai ke Singapura, sampai berobat sama dokter yang ahli. Sebenarnya gue enggak punya ketakutan apa-apa tanpa gue alami sendiri," terang Judika. (Instagram/jud1ka)
"Tiap pagi itu kalau gue ngedahak apa sih itu, darah kental. Kalau capek, tapi kalau banyak istirahat enggak," tambah Judika. (Instagram/jud1ka)
Dikatakan Judika, penyebabnya adalah karena aktivitasnya yang sangat banyak sebelum pandemi Covid-19 sehingga membuatnya kurang beristirahat. Dari situ lah timbul masalah pada pita suara yang menjadi modal utamanya dalam bernyanyi. (Instagram/jud1ka)
"Waktu itu emang karena seringnya nyanyi dan istirahatnya kurang banget apalagi sebelum pandemi ini kita benar-benar nyanyi di cafe sampai jam 2 tidur jam 4 terus pindah kota. Apalagi gue penyanyi rock yang tak pakai teknik vokalnya yang terlalu benar," jelasnya. (Instagram/jud1ka)
Seperti yang dikatakan sang istri, Duma Riris, Judika tidak mau berobat ke dokter. Ia terus berdoa kepada Tuhan dan berusaha untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. (Instagram/jud1ka)
"Kalau tidak istirahat cukup, atau terlalu overuse ya begitu, dan kemarin gue udah begitu. Dan gue berdoa sama Tuhan pas pandemi gue kayak dikasih jawab Tuhan langsung," ungkap Judika. (Instagram/jud1ka)

Tag Terkait