Zaskia Adya Mecca Ungkap Alasan Sunatkan Bayi Sejak Dini

Ruben SilitongaRizky Mulyani diperbarui 27 Jul 2020, 12:12 WIB
Meskipun usianya belum genap satu bulan, namun Zaskia sudah memutuskan untuk menyunat bayinya tersebut. Lewat tanyangan di channel Youtube The Bramantyos, Zaskia menceritakan beberapa alasan menyunat Bhaj. (Instagram/zaskiadyamecca)
Melihat pengalaman adik iparnya yang tinggal di Madinah, saat bayi lahir dan pulang ke rumah sudah dalam keadaan disunat. Ia pun mengikuti hal tersebut. “Di sana, setiap bayi laki-laki pulang dari rumah sakit sudah dalam keadaan di sunat,” ujar Zaskia. (Instagram/zaskiadyamecca)
Selain itu, Zaskia jadi berpikir kalau di Indonesia anak laki-laki disunat menunggu kalau sudah besar. Menurutnya itu adalah budaya. Ditambah dengan prosesi adat tradisional lain yang memang biasa terjadi di Indonesia. (Instagram/zaskiadyamecca)
“Aku langsung berpikir, kalau di Indonesia sunatnya nunggu anak gede, berarti itu budaya. Aku pikir selama ini sunat yang ideal itu ketika anak gede nanti terus jadi pengantin sunat dan ada acara-acara,” imbuh Zaskia Adya Mecca. (Instagram/zaskiadyamecca)
Bukan hanya itu, yang paling utama adalah Zaskia melihat kasus keponakannya yang mengalami masalah pada kandung kemihnya. Hal serupa juga dialami anak laki-laki Shireen Sungkar. Alasan itu lah yang membuatnya ingin segera menyunatkan anaknya. (Instagram/zaskiadyamecca)
Awalnya, Zaskia ingin menyunat anaknya saat berusia enam bulan. Namun sang dokter menyarankan alangkah baik dilakukan tak lama setelah bayi itu lahir karena belum banyak pergerakan yang dilakukan. (Instagram/zaskiadyamecca)
“Pas sudah 6 bulan mau kita sunatin, sudah kegedean. Karena kalau sudah 6 bulan kakinya sudah banyak goyangan. Kata dokter kalau mau sunatin anak dari bayi lebih baik pas baru lahir atau sebelum 6 bulan,” ungkap Zaskia Adya Mecca. (Instagram/zaskiadyamecca)